alexametrics

Langgar Gipo Tinggal Finishing dan Pemasangan Plakat BCB

25 Mei 2022, 16:48:27 WIB

JawaPos.com – Proyek revitalisasi Langgar Gipo di Jalan Kalimas Udik, Pabean Cantian, belum tuntas. Meski begitu, peninggalan keluarga Abdul Latif Tsaqifuddin (Sagipoddin) itu sudah dipakai untuk beraktivitas. Penataan bangunan lawas menyisakan finishing.

Tampak kondisi bangunan telah berubah. Temboknya tak lagi usang seperti dulu. Bangunan di lantai 2 yang rusak juga sudah dibenahi. Termasuk lantainya yang terbuat dari kayu.

Ketua Takmir Langgar Gipo M. Yunus mengatakan bahwa saat ini pembangunan tinggal finishing. Bagian pintu dan jendela masih memerlukan perhatian. Begitu pula tiangnya yang berada di lantai 1.

Menurut Yunus, takmir sudah berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya. Proses finishing diharapkan cepat tuntas. ’’Kalau memang ada anggarannya, langgar juga memerlukan lampu-lampu yang artistik,” kata Yunus.

Ada satu lagi proses yang ditunggu. Yunus menjelaskan bahwa takmir masih menunggu plakat bangunan cagar budaya (BCB) dari pemkot. Identitas khusus itu belum terpasang di bangunan lawas. Padahal, melalui plakat tersebut, status langgar sebagai peninggalan bersejarah akan semakin kuat.

Lantas, bagaimana dengan perkembangan museum? Ketua Komunitas Laskar Surabaya Muhammad Saiful menegaskan, rencana tersebut tetap berjalan. Saat ini sebagian barang yang akan dipajang masih dikumpulkan. ’’Museum rencananya di lantai 2,” ujar Saiful.

Dia menjelaskan, pengadaan museum mendapat sambutan positif. Seluruh pihak setuju. ’’Kami dan takmir terus mengumpulkan benda-benda lawas yang akan dipajang di museum,” tambah Saiful.

Hingga kini, tercatat sudah ada delapan benda lawas yang berhasil dikumpulkan. Di antaranya, kitab, tikar, dan buku. Benda-benda tersebut nanti dipajang di museum untuk menarik perhatian masyarakat.

Saiful menilai keberadaan museum amat penting. Itu tidak hanya menunjukkan kemenarikan Langgar Gipo, tapi juga mendukung wisata kota tua yang digagas Pemkot Surabaya. ’’Banyak yang tertarik untuk mengetahui langgar. Mereka juga melakukan penelitian,” tegas Saiful.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads