alexametrics

Kecelakaan di Gresik Naik, Dewan Panggil Dinas Perhubungan

25 Mei 2022, 17:06:44 WIB

JawaPos.com- Meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di Gresik mendapat perhatian serius dari kalangan legislatif. Dalam dua pekan terakhir, tercatat 42 kasus kecelakaan yang mengakibatkan enam korban meninggal. Bahkan, terjadi lonjakan kerugian material mencapai Rp 171,8 juta. Nilai tersebut naik 910 persen jika dibandingkan pada pekan sebelumnya.

Hal tersebut menjadi perhatian serius Komisi III DPRD Gresik. Pihaknya menggelar rapat dengar pendapat dengan mengundang Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik kemarin (24/5). Tujuannya, mengevaluasi sarana dan prasarana lalu lintas di Gresik. ’’Untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan,’’ kata Ketua Komisi III DPRD Gresik Sulisno Irbansyah.

Salah satu yang menjadi perhatian serius adalah peristiwa kecelakaan maut di Kecamatan Bungah pada Rabu (18/5) lalu. Pihaknya menyayangkan minimnya rambu dan sarana lalu lintas di lokasi rawan kecelakaan tersebut. Termasuk mempertanyakan upaya pencegahan yang dilakukan.

’’Padahal, sudah berkali-kali terjadi kecelakaan. Lalu, bagaimana uji kelayakan terhadap kendaraan muatan?’’ keluhnya.

Sebab, Satlantas Polres Gresik mencatat, peristiwa rem blong truk muatan sudah sembilan kali terjadi selama 2022. Belum lagi permasalahan beban muatan kendaraan yang melebihi kapasitas juga berdampak pada kualitas jalan raya.

’’Sehingga perlu kembali menggalakkan operasi kendaraan secara berkala. Agar peristiwa serupa tidak terjadi,’’ ucap politikus PDIP itu.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads