alexametrics

Empat Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Lulus tanpa Skripsi

25 Mei 2022, 16:48:10 WIB

JawaPos.com- Dea Marista tak bisa menyembunyikan kelegaan dari wajahnya. Mahasiswi prodi administrasi publik di Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) itu dinyatakan lulus tanpa harus mengerjakan skripsi. Kemarin (24/5) dia menerima keputusan tersebut saat mengikuti yudisium ke-37 di kampusnya.

Menurut Dea, dirinya bisa mendapatkan bebas skripsi karena telah menjalankan magang proyek di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dia juga melakukan penelitian artikel ilmiah yang berfokus pada penyediaan birokrasi di Kebun Raya Purwodadi. Artikelnya berhasil masuk ke jurnal nasional.

”Alhamdulillah bisa menyelesaikan ini semua sehingga 3 tahun 8 bulan saya sudah bisa lulus,” katanya, lantas tersenyum.

Selain Dea, ada juga Safinatuz Zuriyah dan Windy Frecelia Putri dari prodi manajemen serta Alfaro Mohammad Recoba dari prodi komunikasi. Mereka dinyatakan lulus tanpa harus mengerjakan skripsi.

Menurut Dekan FBHIS Umsida Wisnu Panggah Setiyono, program lulus tanpa skripsi tersebut merupakan implementasi dari program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Yakni, Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Untuk bisa lulus tanpa skripsi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, sebagai pengganti skripsi, mahasiswa bisa mengerjakan artikel ilmiah. Namun, artikel tersebut harus bisa masuk dalam jurnal yang terakreditasi seperti jurnal internasional ataupun jurnal Sinta (nasional).

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads