alexametrics

Kuota Haji Surabaya Capai 1.293 Orang

Hanya untuk Jemaah Usia di Bawah 65 Tahun
25 April 2022, 12:48:56 WIB

JawaPos.com – Kepastian kuota jemaah haji Surabaya mulai terlihat. Jumlah calon jemaah haji (CJH) 1443 H/2022 M diperkirakan sebanyak 1.293 orang. Jumlah itu hanya sekitar 51 persen dari kuota normal sebanyak 2.529 orang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Surabaya Ahmad Faisol Syaifullah mengatakan, jumlah tersebut masih bersifat sementara. Sebab, jumlah kuota haji per kabupaten/kota masih dihitung Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI dan dibagi sesuai proporsi.

’’Ini masih sementara. Tapi, andaikan berangkat, tidak jauh dari angka tersebut,’’ kata Faisol Minggu (24/4).

Selain jemaah reguler, ada CJH cadangan sebanyak 275 orang. Mereka bisa berangkat jika jemaah reguler tidak jadi berangkat atau membatalkan ibadah haji tahun. ’’Sehingga kemungkinan bertambah masih ada,’’ ujarnya.

Pengurangan kuota haji Surabaya terjadi sebagai dampak pemangkasan kuota secara nasional. Seperti diketahui, tahun ini kuota haji Indonesia hanya 100.051 orang. Jumlah itu berkurang 50 persen lebih jika dibandingkan masa normal sebelum pandemi sekitar 221 ribu jemaah.

Tahun ini di Arab Saudi juga diberlakukan kebijakan lain. Yaitu, pembatasan usia jemaah yang bisa beribadah haji. Hanya jemaah berusia di bawah 65 tahun yang diperbolehkan berangkat.

Faisol menyampaikan, dalam waktu dekat Kemenag Surabaya mengirimkan formulir kepada setiap CJH. Formulir itu berisi pernyataan kesanggupan jemaah. Apakah jadi berangkat tahun ini atau ditunda tahun depan. ’’Ini berkaitan dengan kesediaan jemaah,’’ ujarnya.

Misalnya, ada jemaah suami istri yang masuk kuota tahun ini. Namun, salah satu di antaranya terbentur usia. Misalnya, usia si istri masih di bawah 65 tahun. Tapi, usia si suami sudah melampaui 65 tahun. Maka, si suami tidak bisa berangkat. Kasus yang sama juga terjadi pada anak dan orang tua. Jika orang tuanya sudah berusia di atas 65 tahun, tentu mereka tidak bisa berangkat haji tahun ini.

’’Makanya, harus ada surat pernyataan resmi dari jemaah. Apakah akan berangkat atau diganti dengan porsi di bawahnya,’’ tuturnya.

Calon jemaah haji yang berangkat adalah mereka yang telah membayar lunas. Jemaah diurutkan berdasar nomor porsi. Nomor itu merupakan nomor urut pendaftaran haji.

Pemerintah sudah menetapkan besaran biaya haji 2022 sebesar Rp 39,8 juta per jemaah. CJH yang diberangkatkan tahun ini adalah mereka yang sudah melunasi biaya haji 2020. Saat itu biayanya sekitar Rp 35 juta per jemaah. Meski tahun ini ada kenaikan sekitar Rp 4 juta, jemaah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Sebab, kekurangan diambil dari nilai manfaat pengelolaan dana haji.

JEMAAH HAJI SURABAYA TAHUN 1443 H/2022 M

– Kuota sementara 1.293 orang plus 275 CJH cadangan.

– Kuota normal 2.529 orang.

– Kemenag mengirim formulir kesanggupan kepada jemaah lewat KBIH.

– Yang bisa berangkat hanya usia di bawah 65 tahun.

– Biaya haji Rp 39,8 juta per jemaah.

Sumber: Kemenag Surabaya

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini: