alexametrics

Baling-Baling Patah, Tim SAR Evakuasi 5 Pemancing di Muara Mulyorejo

25 April 2022, 09:45:00 WIB

JawaPos.com- Kantor SAR Surabaya mengevakuasi korban insiden laut kemarin (24/4). Kejadian yang menimpa lima pemancing itu berada di perairan Muara Mulyorejo yang disebabkan as propeller atau baling-baling patah sehingga mesin mati.

Berdasar informasi, kejadian tersebut bermula pukul 13.46 WIB. Saat itu, lima pemancing berangkat dari dam Keputih menuju gazebo Mulyorejo. Dalam perjalanan, baling-baling atau as propeller perahu patah dan kondisi cuaca saat itu tidak menentu.

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya I Wayan Suyatna ketika mengetahui insiden itu langsung menugaskan tim untuk melakukan pencarian. Pukul 15.50, kelima pemancing dapat dievakuasi ke Dermaga Keputih.

”Kondisi kelima pemancing selamat,’’ katanya. Dia menambahkan, identitas kelima pemancing itu adalah Liun, 32; Hadi Sumanto, 35; serta Andik, Khoirul, dan Yudi yang masing-masing berusia 50 tahun.

Evakuasi lima orang tersebut juga melibatkan tim BPBD Kota Surabaya dengan mencari lokasi perahu. Wayan mengungkapkan, meski sempat terombang-ambing dan terbawa arus, kelima pemancing berhasil diselamatkan.

Proses pencarian dan penyelamatan dilakukan dua tim. Tim pertama menggunakan satu unit RIB (rigid inflatable boat) dan satu set perahu karet. Selanjutnya, perahu pemancing dievakuasi dengan ditarik menuju Dermaga Keputih sebagai titik awal berangkat. ”Aman. Jadi, cuma kami tarik. Karena fungsi perahu masih baik. Hanya baling-balingnya yang patah dan tenggelam,’’ paparnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c6/ai

Saksikan video menarik berikut ini: