alexametrics

Pansus Minta Pemkot Surabaya Buat Kanal Khusus Cagar Budaya

25 Maret 2022, 23:01:13 WIB

JawaPos.com–Pansus Raperda Cagar Budaya DPRD Kota Surabaya minta pemerintah kota membuat kanal atau saluran khusus cagar budaya. Tujuan agar masyarakat mengetahui cagar budaya yang sudah teregistrasi maupun belum.

”Dengan kanal khusus tersebut, masyarakat bisa mengetahui mana saja cagar budaya yang sudah teregistrasi baik secara nasional, provinsi, kabupaten/kota,” kata Ketua Pansus Raperda Cagar Budaya Kota Surabaya Khusnul Khotimah seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Jumat (25/3).

Menurut Khusnul, pihaknya mendapat tugas untuk menyelesaikan Raperda tentang Pengelolaan Cagar Budaya. Raperda tersebut merupakan revisi dari Perda Nomor 5 Tahun 2005 tentang Cagar Budaya.

Selain itu, lanjut dia, pansus juga mendapat tugas dari Pemerintah Kota Surabaya untuk memberikan persetujuan terkait usul Tim Ahli Cagar Budaya Surabaya. Khusnul menjelaskan, pihaknya telah mengundang tiga tim cagar budaya yang nanti SK tugasnya akan diperpanjang sebagaimana permintaan dari Pemkot Surabaya.

Tim cagar budaya terdiri atas enam orang, merupakan tim cagar budaya periode 2002–2007. Enam orang yang masuk Tim Cagar Budaya Surabaya yakni Retno Hastijanti, (ketua tim), F.A. Missa Demettawati (sekretaris), Handinoto, Sumarno, dan Johan Silas.

”Kami mendorong tim cagar budaya itu agar diberikan ruang yang cukup luas untuk memberikan masukan, catatan, perlindungan cagar budaya yang ada di Surabaya termasuk kelestariannya,” ujar Khusnul.

Lebih lanjut, Khusnul mengatakan, sebagaimana UU Cagar Budaya Nomor 11 Tahun 2010, untuk pelestarian cagar budaya masyarakat ikut serta melestarikan cagar budaya. Untuk itu, pihaknya juga menyarankan kepada Pemkot Surabaya agar memberikan kantor khusus untuk tim ahli cagar budaya.

”Harapannya para pegiat komunitas sejarah dan pegiat cagar budaya di Surabaya bisa berkolaborasi dengan tim ahli cagar budaya dengan tujuan yang sama dalam menjaga kelestarian cagar budaya,” kata Khusnul yang juga Ketua Komisi D DPRD Surabaya ini.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: