alexametrics

Bangunan Bersejarah di Kampung Maspati Mulai Rusak Digerogoti Usia

25 Maret 2022, 20:52:10 WIB

JawaPos.com- Subandi cemas. Struktur bangunan rumahnya di Kampung Lawas Maspati, RW 6, Bubutan, Surabaya, telah rusak cukup parah. Kondisi itu telah berlangsung lama. Jika kerusakan tersebut terus dibiarkan, dia khawatir rumah tempat berteduhnya roboh.

Jika dilihat sepintas, rumah Subandi berada dalam kondisi bagus. Bersih dan dihiasi dengan warna yang cerah. Wajar, rumah tinggal Subandi itu termasuk salah satu bangunan bersejarah di Surabaya. Yaitu, bangunan Ongko Loro. Bangunan cagar budaya (BCB) yang berdiri sejak 1903 itu dulu digunakan untuk pendidikan sekolah dasar.

Dan, pada akhirnya bangunan dijadikan tempat tinggal oleh orang tua Subandi hingga saat ini. Usia yang tua membuat struktur bangunan mulai rusak. Akibat keterbatasan biaya, Subandi tidak bisa melakukan renovasi.

”Saya juga takut untuk renovasi total. Khawatir ada kesalahan. Sebab, rumah sudah ditetapkan sebagai BCB,” kata pria 70 tahun tersebut. Dia berharap pemkot bisa segera memberikan solusi.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya Iman Krestian menyatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan. Jika kondisinya dinilai mengkhawatirkan, perbaikan bisa segera dilakukan.

Namun, sebelumnya, untuk mengetahui histori bangunan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (DKKOP) Surabaya. Apakah bangunan tersebut berstatus BCB atau bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c14/ady

Saksikan video menarik berikut ini: