alexametrics

4.392 Peserta CPNS di Pemkot Surabaya Dinyatakan Gugur

25 Maret 2020, 19:19:10 WIB

JawaPos.com – Pemkot Surabaya menyeleksi 5.593 calon pegawai negeri sipil (CPNS) bulan lalu. Hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) itu sudah bisa dilihat di laman surabaya.go.id. Sebanyak 4.392 peserta dinyatakan tidak lolos.

Artinya, hanya ada 1.201 peserta yang lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Jumlah itu sudah sesuai dengan ketentuan di Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) Nomor 23 Tahun 2019 yang menyatakan bahwa peserta SKB harus berjumlah tiga kali dari jumlah kebutuhan atau formasi.

Dengan kata lain, setiap satu peserta yang lolos akan berkompetisi dengan dua peserta lainnya. Mereka sudah bisa mengetahui siapa saja kompetitornya. Sebab, dalam website resmi pemkot tersebut, terdapat daftar nama yang lolos beserta hasil nilai SKD yang dicapai.

Meski sudah diumumkan, masih banyak peserta yang bertanya-tanya. Sebab, dalam pengumuman tersebut, tidak dicantumkan lebih detail mengenai tempat dan waktu penyelenggaraan SKB. ”Ini memang belum ditentukan ya tanggal SKB-nya?” tanya Kukuh Patria ke akun seleksi CPNS Surabaya di Instagram.

Dalam surat pemberitahuan hanya disebutkan bahwa ada surat dari Kemen PAN-RB yang menyatakan ditundanya penyelenggaraan SKB. Penundaan belum bisa dipastikan hingga kapan. Yang jelas menunggu situasi lebih kondusif. Peserta juga diminta memantau surabaya.go.id setiap hari untuk informasi lebih lanjut.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti menyatakan, kebutuhan PNS Surabaya sangat besar. Selalu ada yang pensiun setiap bulan. Sementara itu, pemerintah pusat selalu membatasi jumlah pegawai yang boleh direkrut pemkot. ”Sekarang ada kuota sekitar 700. Kalau dibilang kurang, ya kurang,” katanya. Tahun ini Kemen PAN-RB hanya memberikan 705 formasi untuk Pemkot Surabaya. Perinciannya, 171 tenaga kesehatan, 106 tenaga teknis, dan 428 tenaga kependidikan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sal/c6/ano



Close Ads