Jalur Khusus Sepeda di Kota Pahlawan Makin Panjang

25 Januari 2023, 17:05:44 WIB

JawaPos.com- Para pesepeda semakin bisa menikmati aksesibilitas di jalanan Surabaya. Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya mengusulkan penambahan ruas lajur sepeda baru di 21 titik. Salah satunya di Jalan Diponegoro dengan panjang 5,2 kilometer.

Subkoordinator Penyedia Perlengkapan Jalan Dishub Surabaya Prasetyo Prabayanto menerangkan, realisasi puluhan lajur itu dilakukan bertahap. Di antaranya, di Jalan Pasar Kembang, Arjuno, Kedungdoro, serta Tunjungan.

Secara keseluruhan, total ada 52,6 kilometer lajur sepeda se-Surabaya. Khusus wilayah selatan sepanjang 14,3 kilometer. ’’Berdasarkan masukan dari beberapa pihak seperti komunitas pesepeda,’’ ucap dia kemarin (24/1).

Lajur sepeda di Surabaya menggunakan konsep mix traffic atau tak ada jalur khusus. Karena itu, ada sejumlah pertimbangan ruas jalan yang mendapatkan penambahan. Di antaranya, ruas jalan harus relatif steril, minim hambatan, serta memiliki tiga lajur.

Sebab, Prasetyo menilai pesepeda sampai saat ini merupakan pengguna jalan paling lemah. ’’Kalau jalannya sempit tidak berani. Rawan uyel-uyelan, apalagi saat lalu lintas padat. Lebih prioritas yang steril,’’ ungkapnya.

Dishub Surabaya mulai melakukan pengerjaan lajur sepeda baru itu sejak triwulan kedua dan menunggu musim hujan usai. Misal, di Jalan Diponegoro estimasi pengerjaan hingga tuntas membutuhkan waktu tiga bulan.

Sampai saat ini di metropolis telah tersedia lajur sepeda sepanjang 35 kilometer di 23 titik. ’’Misal, di Jalan Darmo sepanjang 4 kilometer dan Frontage Ahmad Yani 4,2 kilometer,’’ tuturnya.

LAJUR SEPEDA TAMBAH PANJANG

  • Penambahan di 21 titik sepanjang 52,6 kilometer.
  • Dilakukan di ruas jalan minim hambatan, steril, dan memiliki tiga lajur.
  • Menggunakan konsep mix traffic atau tak ada lajur khusus karena kendaraan homogen.
  • Penambahan lajur sepeda terpanjang berada di sepanjang MERR. Mencapai 12,5 kilometer.
  • Saat ini telah tersedia lajur sepeda di 23 titik sepanjang 35 kilometer.

Sumber: Dishub Surabaya

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : dho/c6/ai

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads