Empat Pasar di Kota Surabaya Direvitalisasi Tahun Ini

25 Januari 2023, 16:46:59 WIB

JawaPos.com- Tahun ini Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya mengusulkan beberapa pasar untuk direvitalisasi. Salah satunya Pasar Pucang Anom. Usulan tersebut dilakukan sesuai hasil pengkajian dan skala prioritas.

Menurut Humas PD Pasar Surya M. Zaini, selain Pasar Pucang di kawasan timur, usulan revitalisasi juga ditujukan ke Pasar Kembang, Pasar Tunjungan, dan Pasar Pabean. ’’Sesuai hasil pembahasannya, empat dulu yang diusulkan. Yang masuk prioritas salah satunya ya Pasar Kembang yang dulu pernah terbakar,’’ katanya kemarin (24/1).

Revitalisasi tersebut juga melibatkan para pedagang. Dengan begitu, revitalisasi sesuai dengan karakteristik pasar. Hingga kini PD Pasar Surya mengelola 67 pasar yang tersebar di semua wilayah.

Setelah revitalisasi empat pasar rampung, secara bertahap akan dilanjutkan ke pasar-pasar lainnya. ’’Karena semangatnya ya agar lebih modern dan layak. Sehingga aktivitas ekonomi dipastikan meningkat,’’ jelasnya.

’’Setelah direvitalisasi, secara kuantitas jumlah stan dapat bertambah,’’ lanjutnya.

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya 2022, tertera jumlah pedagang pasar dari 2018–2021 mengalami penurunan. Temuan di lapangan, penurunan jumlah pedagang itu salah satunya disebabkan pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua sektor.

Pada 2018, jumlahnya mencapai 17.332 pedagang. Kemudian pada 2019–2020 sebanyak 17.242 pedagang. Sedangkan 2021, jumlah pedagang 14.212 orang. ’’Seiring dengan revitalisasi, jumlah pedagang pasti bertambah kan. Karena stan juga ditambah,’’ sambungnya.

Ditanya tentang waktu pelaksanaan, Zaini menyebut masih menunggu pembahasan dengan berbagai pihak. Termasuk anggaran. Untuk itu, pihaknya tetap mengoptimalkan proses perekonomian di pasar. ’’Itu nunggu informasi lanjut ya,’’ ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c6/ai

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads