Dulu, Nama Desa di Gresik Ini adalah Matamu

25 Januari 2023, 17:33:17 WIB

JawaPos.com– Selalu ada cerita menarik di balik nama sebuah desa. Seperti penamaan nama Desa Tulung, Kecamatan Kedamean, Gresik. Mungkin, tak banyak yang mengetahui bahwa nama Desa Tulung ini dulu adalah Desa Matamu. Ya, Matamu.

Seiring waktu,  ”matamu” itu berganti. Sebab, nama desa tersebut berkonotasi negatif. Terkandung makian. Lalu, digantilah dengan nama yang lebih baik. Tulung. Namun, pemberian nama baru itu konon tidak serta-merta tak ada kaitannya dengan nama sebelumnya.

Sekretaris Desa Tulung Diki menyampaikan, cerita tentang Desa Tulung tersebut sudah tertuang dalam sebuah buku berjudul: Sang Gresik Bercerita Lagi. Dikisahkan, dulu ada sepasang pengembara yang sedang bertualang di Jatim.

Nah, mereka tersesat di sebuah desa. Tidak tahu akan melanjutkan ke mana. Mereka lantas bertanya kepada seorang petani. Dijawablah sedang berada di Desa Matamu. ”Tapi, si pengembara pun kaget dan malah tersinggung,’’ ujarnya.

Mendengar nama desa yang dikira umpatan itu, emosi pengembara langsung naik. Marah. Dia langsung bergegas mendekat ke arah petani. Demikian juga si petani. Dia pun mencoba mendekat lanntaran menduga sang pengembara tidak mendengar dengan jelas jawabannya.

Eh, tanpa diduga oleh si petani, pengembara tersebut memukuli petani bertubi-tubi. Tak ayal, petani berlari. Berupaya menyelamatkan diri. Dia melewati desa sambil terus berteriak. ”Tulung, tulung, tulung!” ke warga desa.

Nah, atas kejadian tersebut, warga Desa Matamu itupun merasa khawatir kejadian tersebut terulang. Akhirnya, dengan pertimbangan sesepuh desa, nama berubah menjadi Desa Tulung. ”Iya, sampai sekarang namanya Desa Tulung,” ujarnya.

Desa Tulung memiliki dua dusun. Selain Tulung, juga ada Dusun Panggang. Jumlah warga di desa ini ada sekitar 811 kepala keluarga (KK) atau 2.536 jiwa. Mayoritas penduduk bekerja sebagai petani (19.21 persen). 99,8 persen warga beragama Islam.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c9/diq

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads