alexametrics

Target Minimal 60 Persen Vaksinasi Lansia di Jatim Akhirnya Tercapai

24 Desember 2021, 09:51:11 WIB

JawaPos.com – Di tengah banyaknya kendala di lapangan, capaian vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) di wilayah Jatim akhirnya berhasil memenuhi target nasional minimal 60 persen.

Per kemarin, mengacu update laporan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), realisasi vaksinasi lansia di Jatim mencapai 60,27 persen untuk dosis pertama. Artinya, ada 2,6 juta lansia yang sudah divaksin di seluruh Jatim.

”Capaian itu merupakan batas minimal yang diterapkan pemerintah pusat. Karena itu, Jatim akan terus menambah cakupan dosis vaksin itu,’’ ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim Erwin Astha Triyono kemarin.

Keberhasilan Jatim mencapai target minimal vaksinasi lansia memang cukup melegakan. Sebab, percepatan vaksinasi untuk golongan itu lebih lambat dibandingkan vaksinasi masyarakat umum.

Ada sejumlah faktor. Di antaranya, pencarian lansia yang bersedia disuntik vaksin tak gampang. Selain itu, tidak semua warga lanjut usia memenuhi syarat kesehatan untuk bisa mengikuti vaksinasi.

Keberhasilan memenuhi target minimal vaksinasi lansia membuat Jatim menjadi provinsi yang mampu menyelesaikan semua target nasional. Yakni, vaksinasi umum dosis pertama minimal 70 persen plus target vaksinasi lansia dosis pertama.

Karena dua prioritas itu sudah terlampaui, kini Jatim juga akan mempercepat vaksinasi golongan umur lain. Salah satunya adalah vaksinasi anak golongan umur 6–11 tahun.

Sejak digulirkan pada 15 Desember, saat ini pelaksanaan vaksinasi anak telah mencapai 14,1 persen dari target keseluruhan. Jika diakumulasi, jumlah anak yang mendapatkan suntikan vaksin mencapai 281.279 anak.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/riq/c6/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads