Cek Pembangunan Taman Aloha, Bupati Minta Bangunan Tahan Lama

24 November 2022, 16:04:18 WIB

JawaPos.com- Proyek pembangunan Taman Aloha Juanda, Sidoarjo, hampir tuntas. Kini tinggal finishing, yaitu pemasangan patung Ir Juanda setinggi 7 meter dan miniatur kepulauan Indonesia.

Kemarin (23/11) siang Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor sidak ke sana. Muhdlor ingin memastikan pembangunan taman senilai Rp 3,3 miliar itu tuntas sesuai jadwal. ’’Ini harus digarap yang bagus. Bangunannya harus tahan lama,’’ pinta Muhdlor.

Dia mengatakan, jangan sampai baru dibangun sudah banyak yang rusak. Sebab, taman tersebut juga menjadi wajah Sidoarjo karena berada di salah satu akses utama menuju Bandara Internasional Juanda.

Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Edi Sutiono menyebut pembangunan taman tersebut bakal selesai tepat waktu. Pihaknya juga rutin mengontrol untuk memastikan kualitas bangunannya. ’’Sekarang sebagian besar pekerjaan finishing saja,’’ ujarnya.

Jogging track sudah selesai dibangun. Pos jaga dan kamar mandi juga sudah dibangun. Begitu pula panggung atau stage. ”Panggung di dekat monumen pesawat sudah berdiri, tinggal finishing dan penambahan ornamen,’’ katanya.

Pekerjaan cukup besar yang tersisa kini hanya pemasangan miniatur kepulauan Indonesia, flying fox, dan patung Ir Juanda. ’’Itu tinggal pemasangan saja karena sudah dikerjakan di luar taman,’’ katanya. Saat ini belum dipasang karena menunggu penuntasan fondasi.

”Fondasi flying fox dan miniatur kepulauan sudah, untuk fondasi patung sedang proses. Belum selesai karena butuh dibuatkan relief terkait Ir Juanda,’’ katanya. Relief tersebut menggambarkan perjalanan hidup Ir Juanda dari kecil hingga tutup usia.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads