alexametrics

Ada Klaster Atlet hingga Tim Sukses Parpol di RSLK Indrapura

24 November 2020, 16:16:05 WIB

JawaPos.com – Puluhan pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II (RSLK) Indrapura sujud syukur kemarin. Setelah berhari-hari mendapatkan perawatan medis, mereka akhirnya sembuh dari Covid-19.

Salah satunya, Muhammad Nasrulah. Setelah lima hari dirawat, pria 38 tahun itu dinyatakan sembuh. Nasurulah merupakan salah satu atlet loncat indah KONI Jawa Timur. Selama pandemi Covid-19, kegiatan latihan terus berjalan. Pihaknya juga selalu menjaga ketat protokol kesehatan (prokes). Karena itu, dia tidak tahu bagaimana bisa terpapar Covid-19.

”Dari tes usap, ada sekitar 25 atlet positif Covid-19. Mereka berasal dari cabang olahraga yang berbeda seperti senam, loncat indah, panjat tebing, dan karate,” ujarnya. Penanggung jawab RSLK Indrapura dr Nalendra mengatakan, sebanyak 21 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh kemarin. Selama November, jumlah pasien yang dirawat di RSLK meningkat tajam. Yaitu, mencapai 469 pasien.

”Rekor pada sabtu lalu (21/11). Pasien yang masuk menembus 205 orang. Kebanyakan para pasien berasal dari klaster keluarga dan lembaga,” ucapnya. Meski mengalami lonjakan, jumlah pasien yang sembuh juga terus bertambah. Dari 469 pasien, tinggal 178 pasien yang masih mendapatkan perawat medis. Dengan demikian, overload tidak terjadi dan pihaknya masih bisa menerima pasien masuk.

Ketua Pelaksana Pendamping Pasien Covid-19 RSLK Indrapura Radian Jadid menjelaskan, klaster baru tidak hanya berasal dari keluarga, perkantoran, dan kelembagaan. Klaster tim sukses dari partai politik mulai masuk. Diduga, mereka terkena Covid-19 akibat melakukan kampanye tanpa memperhatikan prokes. Namun, kebanyakan mereka masuk tidak membawahi nama partai. Melainkan secara mandiri.

”Beberapa tim sukses partai sudah ada yang masuk. Dan perlu adanya pencegahan. Karena kami khawatir pascapilkada nanti lonjakan pasien Covid-19 bisa kembali terjadi, bahkan lebih banyak. Ditambah lagi dengan libur akhir tahun,” kata Jadid. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ian/c13/any


Close Ads