alexametrics

Swab 220 Guru di Sidoarjo, 3 Positif Virus Korona

Tunggu Hasil Pengumuman Zona
24 Oktober 2020, 13:48:19 WIB

JawaPos.com – Sebagian hasil swab test para guru di Sidoarjo sudah keluar. Berdasar hasil pemeriksaan uji usap tersebut, hanya sedikit pendidik yang dinyatakan terpapar virus korona jenis baru (Covid-19). Di antara 220 guru yang telah menjalani swab test, tiga orang dinyatakan positif Covid-19.

Hasil uji usap guru lain belum keluar. Dinkes menargetkan ada seribu guru yang mengikuti swab test sebelum pembelajaran tatap muka dilakukan. Terutama untuk guru jenjang SMP maupun SMA.

Sebelumnya, berdasar data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo, ada 45 di antara 535 orang yang dinyatakan positif korona. Sampel itu diperiksa pada 15, 16, dan 19 Oktober. ”Ini pemeriksaan skrining. Hanya satu kali pemeriksaan swab,” jelas Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarman.

Berdasar hasil tersebut, angka warga yang terpapar Covid-19 mencapai 8,4 persen dari jumlah yang diperiksa. Tidak sampai menyentuh 10 persen. Namun, rata-rata ada 9–10 persen hasil positif. Jarang terjadi hasil positif yang lebih dari angka tersebut. Terlebih, saat ini pertambahan kasus sudah mulai menurun dengan angka kesembuhan yang terus meningkat. Peningkatan mencapai dua kali lipat dari angka pertambahan kasus positif korona. ”Warga yang sembuh semakin banyak,” kata Syaf.

Sementara itu, swab test untuk para guru berlangsung cukup singkat. Tidak sampai pukul 10.00, sebagian guru sudah menjalani uji usap. Sejak pagi, mereka antre memeriksakan diri.

”Mulai pukul 07.30 (layanan swab test, Red) sudah buka,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sidoarjo M. Athoillah.

Para guru bisa langsung datang untuk periksa. Kurang dari 1 menit, uji usap melalui hidung selesai.

Salah seorang peserta yang sudah mengikuti swab test adalah Novi N. Guru di SMP swasta Kota Delta itu deg-degan mengikuti uji usap. ”Kepikiran sampai telat datang,” ucapnya.

Dia khawatir dinyatakan positif korona. Namun, setelah swab test, ternyata tidak terjadi apa-apa. Dia pun tenang dan tinggal menunggu hasil keluar. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : may/c14/diq



Close Ads