alexametrics
Peduli Gangguan Saluran Kemih

RS Darmo Surabaya Optimalkan Pelayanan Urologi di Tengah Pandemi

24 Oktober 2020, 08:00:08 WIB

JawaPos.com – RS Darmo terus mengembangkan inovasi dan teknologi untuk memberikan layanan bermutu bagi masyarakat, khususnya di masa pandemi saat ini. Salah satu layanan unggulan Rumah Sakit (RS) Darmo Surabaya adalah layanan urologi.

Upaya untuk memberikan layanan kesehatan bermutu dan paripurna itu direalisasikan dengan berbagai persiapan peralatan dan kelengkapan fasilitas untuk mendukung pelayanan kesehatan komprehensif bagi pasien. Perbaikan infrastruktur sebagai upaya mencegah penularan virus pun terus dilakukan.

Struktur bangunan horizontal dengan jendela dan pintu yang dapat dibuka menghadap ke taman yang luas mampu memberikan sirkulasi udara yang baik dan segar. Hal itu dilengkapi dengan dukungan para dokter spesialis dan sub spesialis yang profesional serta kompeten di bidangnya. RS Darmo pun siap memberikan pelayanan paripurna.

Dokter Spesialis Urologi RS Darmo Surabaya dr Ayodhia Soebadi SpU menyebutkan, ada beberapa gangguan saluran kemih yang paling sering dialami masyarakat. Saat awal pandemi, masyarakat harus menunda untuk periksa ke rumah sakit apabila keluhan yang diderita tak begitu parah. Hal itu dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19.

”Tetapi, karena rasa takut untuk ke rumah sakit, ada yang sakitnya menjadi makin berat, misalnya kencing darah dan sebagainya,’’ ungkap dr Ayodhia yang baru menyelesaikan pendidikan doktoral di Belgia itu. ”Kini, dengan berbagai penyesuaian terhadap kondisi pandemi, RS Darmo siap kembali membuka pelayanan yang tertunda tersebut secara optimal,” lanjutnya.

Dr Ayodhia juga sering mendapati pasien yang mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Kasus itu disebabkan bakteri yang masuk ke salah satu saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Gejalanya adalah demam, sakit perut, nyeri saat buang air kecil, kencing terasa tak tuntas, dan adanya darah pada urine. Keluhan serupa dapat berasal dari keadaan lain seperti sindroma nyeri kronis dan perlu penanganan yang tepat.

Ada juga keluhan kencing darah yang tetap perlu diperiksa dan ditangani dengan baik walaupun tidak nyeri. Gejala yang perlu diketahui adalah kencing berwarna merah disertai gumpalan darah. Yang paling mengkhawatirkan ialah saat darah tersebut keluar secara berselang-seling. Biasanya, gangguan itu disebabkan infeksi pada saluran kemih, gangguan ginjal, atau gangguan prostat.

Kencing tak lancar juga kerap dialami pasien. Yakni, keadaan ketika penderita sulit atau bahkan sama sekali tidak bisa buang air kecil. Kondisi itu perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi ke organ tubuh lain seperti ginjal dan kandung kemih. Tidak tertutup kemungkinan keluhan urologi dapat mengakibatkan nyeri pinggang. Bila nyeri pinggang terus berlanjut, Anda harus waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Unggul Tangani Penyakit Urologi sejak 1989
RS Darmo Surabaya fokus terhadap penanganan penyakit urologi dengan mendirikan Urology Center sejak 1989. Kasus yang paling banyak di masa awal tersebut adalah batu ginjal. Di Surabaya, RS Darmo menjadi salah satu pelopor intervensi memecah batu ginjal dengan gelombang kejut atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

”Terapi ESWL digunakan untuk menangani batu ginjal ukuran kecil (1–2 cm). RS Darmo juga mengikuti perkembangan teknologi dengan mengeluarkan batu melalui sayatan yang kecil, bukan sayatan panjang. Istilahnya adalah PCNL atau memecah batu melalui sayatan di kulit,’’ jelas dr Ayodhia.

Dalam perkembangannya, selain ESWL dan PCNL, RS Darmo juga menggunakan LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) sebagai metode tindakan dalam 10 tahun terakhir. Awalnya, dr Ayodhia menyebutkan bahwa LASER digunakan untuk penanganan batu prostat. Kini, LASER bisa digunakan untuk penanganan batu ginjal.

”Jadi, batu ginjal dan prostat merupakan dua keluhan urologi yang paling banyak di RS Darmo. Dengan dukungan alat-alat yang lebih canggih dan lengkap, kami dapat memberikan pelayanan dengan baik dan cepat,” papar dr Ayodhia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads