alexametrics

Kunjungi Perak Utara, Eri Cahyadi Sidak Gorong-Gorong

24 Oktober 2020, 13:09:01 WIB

JawaPos.com – Citra sebagai sosok yang kerap membereskan masalah kampung melekat kuat di Eri Cahyadi. Saat berkunjung ke Teluk Nibung, Kelurahan Perak Utara, Pabean Cantian, Jumat (23/10) calon wali kota Surabaya pilihan Tri Rismaharini itu tetap menjadi tempat warga curhat problem kampung.

Salah satu yang mereka keluhkan adalah gorong-gorong. Gorong-gorong kampung mengalami pendangkalan karena sedimentasi. Dengan musim hujan yang sudah di depan mata, mereka khawatir jika tak segera diatasi bisa menimbulkan banjir.

“Ini sudah waktunya dilakukan pengerukan. Kemudian saluran-saluran yang lebih besar juga harus direvitalisasi. Jangan sampai hanya ini saja yang dikeruk sedangkan saluran yang dituju tidak,” kata Eri Cahyadi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya 2018-2020 tersebut memang dikenal punya komitmen besar terhadap saluran drainase dan sanitasi kampung. Saat masih jadi kepala Bappeko, Eri bahkan rutin setiap Jumat menggelar #JumatResik dengan blusukan membereskan problem-problem tersebut. Tak segan dia ikut pula “nyemplung” ke saluran air.

Kata Eri Cahyadi, problem gorong-gorong tak bisa hanya mengandalkan Pemkot Surabaya. Sebab, beberapa penyebab saluran mampet biasanya karena warga buang sampah sembarangan, adanya bangunan liar di atas saluran air, dan limbah domestik yang langsung dibuang ke saluran. “Pernah kita mengeruk gorong-gorong besar. Ternyata nemu kasur. Pantes airnya tidak mengalir,” katanya.

“Nanti secepatnya saya laporkan ke teman-teman di DPRD dan Pemkot. Saya biasanya turun langsung saat di Bappeko. Sekarang saya hanya bisa bantu melaporkan. Insya Allah kalau saya terpilih nanti, masalah-masalah seperti ini pasti akan cepat tertangani. Sama seperti di Bappeko dulu, nantinya saya juga akan tetap blusukan ke kampung-kampung,” ujar Eri.

Puas menengok gorong-gorong, calon wali kota yang dijagokan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ini juga mengecek kondisi paving. Eri merasa pavingnya sudah harus diganti.

“Saat saya menjabat Kepala Bappeko, biasanya semua masalah seperti ini langsung saya eksekusi. Tapi Insya Allah, kalau saya diijabahi jadi wali kota, saya akan bisa lebih fokus mengurus semua masalah warga. Amanah Bu Risma tetap terjaga, dan semua permasalahan di Surabaya yang begitu kompleks akan saya petakan satu-satu, dicarikan solusinya. Terutama sekali dari lingkup kampung,” ujar Eri

Editor : Dhimas Ginanjar



Close Ads