Perempuan Pertama Jabat Rektor di Universitas Muhammadiyah Gresik

24 September 2022, 21:55:56 WIB

JawaPos.com- Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) memiliki nakhoda baru. Sabtu (24/9), Nadhirotul Laily dilantik menjadi rektor pengganti antarwaktu periode 2021-2025. Alumnus magister psikologi Unair Surabaya itu menggantikan Dr Eko Budi Leksono, yang berpulang pada Minggu (18/9) lalu.

Pelantikan itu digelar di Hall Sang Pencerah UMG. Hadir dalam acara itu beberapa petinggi Muhammadiyah. Di antaranya, Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad, Ketua PP Muhammadiyah Prof Syafiq A. Mughni, Ketua PW Muhammadiyah Jatim Dr Saad Ibrahim.

Selain itu, tampak hadir pula Anggota DPR RI dari dapil Gresik-Lamongan Prof Zainudin Maliki, jajaran Forkopimda Gresik, pengurus PD Muhammadiyah Gresik dan badan otonom di di bawah naungan Muhammadiyah.

‘’Keputusan ini berlaku mulai tanggal 18 September 2022 sampai 23 Maret 2025 atau sampai diadakan perubahan atau dicabut kembali,” ujar Prof Dr Biyanto, ketua Badan Pengurus Harian (BPH) UMG, saat membacakan surat keputusan pengangkatan rektor UMG tersebut.

Seusai dilantik, Nadhirotul Laily menyatakan, semua civitas akademi UMG merasakan kehilangan dan duka yang mendalam atas wafatnya rektor Eko Budi Leksono. Masih banyak rencana dan program dari almarhum yang telah diamanahkan dan harus terus dilanjutkan.

Beberapa di antara program itu adalah percepatan peningkatan penjaminan mutu dengan indikator akreditasi maupun peraihan ISO Interational For Hier Education. Lalu, pendirian Fakultas Kedokteran, dan  peningkatan kesejahteraan SDM untuk seluruh civitas akademika UMG.

“Almarhum sudah menyesuaikan gaji para dosen UMG 100 persen sesuai tabel gaji PNS tahun 2015. Beliau sudah berpesan, jika memang memungkinkan untuk segera menyesuaikan gaji para civitas akademika UMG 100 persen sesuai dengan tabel gaji PNS tahun 2020,’’ paparnya.

Program lainnya adalah pengembangan kampus di kawasan Desa Tebaloan, Kecamatan Duduksampayen, dengan luas lahan 32 hektare. Saat ini, sudah dimulai dengan pengurukan tanah di kawasan tersebut.

Mengutip website pwmu.co, Nadhirotul Laily merupakan perempuan kelahiran Lamongan, pada 8 Juni 1982. Usianya masih 40 tahun. Dia pun tercatat rektor perempuan pertama di UMG. Ely, sapaan karibnya, mengawali karier di UMG pada 2005 sebagai dosen tetap luar biasa (DTLB).

Pada 2013, perempuan yang sedang menempuh studi doktoral di Malaysia itu diangkat menjadi dekan Fakultas Psikologi. Lalu, pada 2015 diangkat menjadi dosen tetap di UMG. Selepas jadi dekan, 2017 hingga 2019 menjabat sebagai kepala Laboratorium Program Studi Psikologi. Selanjutnya, 2019-2021 kembali diangkat jadi dekan dengan status penganti antarwaktu.

Selain itu, sejak 2000 hingga sekarang, Ely merangkap sebagai dekan Fakultas Hukum UMG. Lalu, 2021 menjabat sebagai wakil rektor. Kini, Ely mendapat kepercayaan makin tinggi. Yakni, sebagai rektor.

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Jatim Dr Saad Ibrahim mengatakan, pihaknya berharap rektor baru bisa membawa UMG menjadi kampus yang unggul dan berkemajuan seperti cita cita bersama.

Di penghujung acara, civitas akademikan juga memberikan tali asih kepada keluarga almarhum Dr Eko Budi Leksono. Tali asih itu diterima Dr Siti Musyarofah, istri almarhum.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksonio

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads