alexametrics

Habis Bobol Rumah, Anshori Foya-Foya, Langsung Kencan

24 Juni 2022, 13:48:19 WIB

JawaPos.com – Anshori ditangkap polisi selang delapan jam setelah membobol rumah di Jalan Gayungsari Barat XII, Gayungan. Dia terdeteksi di sebuah penginapan di sekitar Terminal Purabaya. Uang hasil kejahatannya ternyata langsung dipakai untuk mencari teman kencan.

Kapolsek Gayungan Kompol Suhartono menyampaikan, aksi pembobolan tersebut berlangsung pada Sabtu (18/6) sekitar pukul 03.00. Anshori sebelumnya sengaja berkeliling mencari rumah kosong untuk dibobol. Sebab, pemuda 19 tahun itu tidak punya penghasilan tetap. ”Biasanya ngamen di terminal,” ujarnya Kamis (23/6).

Jalan Gayungsari Barat dipilih sebagai sasaran karena banyak rumah mewah. Anshori merasa pasti ada rumah yang tidak terhuni atau kosong. Kawasan itu juga tidak jauh dari tempat tinggalnya di Desa Bungurasih, Waru, Sidoarjo.

Anshori menjalankan aksinya sendirian. Dia menyelinap ke sebuah rumah yang dianggap kosong dengan lebih dulu memanjat tembok samping. Lalu, dia masuk lewat tangga tandon air di lantai 2.

Anshori awalnya mengambil laptop dan ponsel. Dia lantas mencuri tas ransel berisi uang Rp 1,5 juta dan dompet di laci salah satu meja. ”Di dalamnya terdapat uang Rp 550 ribu,” jelasnya.

Pemilik rumah baru menyadari pencurian tersebut sekitar pukul 05.00. Sebab, laptop, ponsel, dan tas di atas meja mendadak tidak ada. Begitu juga dompet di laci. Dugaan adanya pembobolan terbukti saat kamera CCTV diperiksa. Anshori ternyata sempat terekam kamera ketika beraksi.

Suhartono menyatakan, video itu menjadi petunjuk penting setelah pemilik rumah melapor. Jajarannya tidak butuh waktu lama untuk mengidentifikasi pelaku. Anshori diketahui berada di sekitar Terminal Purabaya delapan jam setelah beraksi.

Dalam pemeriksaan, tersangka mengaku uang itu langsung dipakai foya-foya. Dia berpesta minuman keras dengan teman. Juga membayar perempuan untuk berkencan. ”Hingga akhirnya, dia tidur di penginapan itu,” tandas polisi yang pernah menjabat Kasatresnarkoba Polres Ngawi tersebut. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c14/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads