alexametrics

Kampung Bandeng Gresik Terdampak Rob, Kerugian Ditaksir Rp 5 Miliar

24 Mei 2022, 16:49:24 WIB

JawaPos.com- Pasang air laut juga berdampak serius terhadap Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Desa yang telah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai kampung budidaya bandeng itu juga sempat kebanjiran. Banyak tambak warga tergenang hingga seperti lautan.

‘’Kini sudah berangsur surut. Dua hari lalu (Sabtu, Red) kondisinya terbilang lumayan parah,’’ kata Kepala Desa Pangkah Wetan Syaifullah Mahdi yang akrab disapa Sandi kepada Jawa Pos, Selasa (24/5).

Terjangan banjir rob di wilayah Pangkah Wetan sampai sedemikian itu, disebut Sandi baru kali terjadi. Budidaya ikan bandeng para petani tambak yang sebetulnya siap panen, akhirnya hilang. Sebab, tambak-tambak mereka tergenang hingga melewati pembatas. ‘’Total kerugian kami perkirakan sampai Rp 5 miliar,’’ ungkapnya.

Seperti pernah diberitakan, Pangkah Wetan telah ditetapkan KKP sebagai salah satu kampung bandeng Indonesia. Keputusan itu telah tertuang dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 64 Tahun 2021 tentang Kampung Perikanan Budidaya. Maklum, selama ini luasan lahan tambak dan produktifitas ikan bandeng dari Pangkah Wetan terbilang membanggakan.

Kampung budidaya bandeng tersebut dijalankan tujuh kelompok pembudidayaan ikan (pokdakan) dengan luas lahan budi daya mencapai 2.465 hektare. Produksi bandeng per tahun di kisaran 6.900 ton dengan metode budi daya tradisional dan tradisional plus.

Selama ini, kampung di pesisir utara Gresik itu juga termasuk sentral budidaya bandeng kawak. Bahkan, pada lelang bandeng kawak Ramadan tahun ini, pemenangnya juga dari Pangkah Wetan. Bobot satu ekot bandeng mencapai 18 kilogram. Dengan bobot sekian itu, bandeng tersebut termasuk bandeng budidaya terbesar di dunia.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: