alexametrics

Jalan Raya Babat Jerawat–Pakal Surabaya Bakal Lebih Lebar

24 Mei 2022, 11:41:16 WIB

JawaPos.com- Kemacetan panjang kerap terjadi di Jalan Raya Babat Jerawat–Pakal, Surabaya. Salah satu penyebabnya, penyempitan jalan akibat proyek box culvert yang belum tuntas. Selain itu, jalan menuju perbatasan Surabaya–Gresik itu juga sempit. Lebarnya hanya 4 meter.

Penumpukan akibat volume kendaraan yang tinggi sejatinya sudah menjadi problem klasik di titik tersebut. Sebelum ada pembangunan box culvert yang dijadikan jalur kendaraan, jalan raya mulai Kecamatan Tandes sampai Pakal merupakan jalur macet.

Saat ini kemacetan di jalur tersebut sedikit berkurang. Sebab, pembangunan saluran yang bagian atasnya dijadikan jalan dikebut saat era kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini. Dari Tandes sampai Kecamatan Benowo. Jalan yang dulu satu lajur kini menjadi dua lajur.

Namun, proyek tersebut baru sampai Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal. Akibatnya, kendaraan yang semula melaju di dua lajur satu arah harus masuk ke jalan satu lajur dua arah.

Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo mengakui, kemacetan yang sering terjadi di jalan raya di depan kantornya itu memang sudah lama dikeluhkan. Apalagi yang melintas di jalan tersebut rata-rata kendaraan besar. Mulai kontainer sampai dump truck. ”Belum lagi, angkutan umum yang jalan pelan,” ujarnya.

Tranggono menyatakan, ada rencana pelebaran jalan di jalur tersebut. Yang awalnya 4 meter bakal dilebarkan menjadi 6 meter. Hal itu tertuang di dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). ”Tidak sampai menggusur bangunan warga karena masih ada sisa bahu jalan,” terangnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads