alexametrics

Cuaca Perairan Memburuk, Nelayan di Surabaya Takut Melaut

24 Mei 2022, 16:56:05 WIB

JawaPos.com- Cuaca di perairan Surabaya sedang kurang baik. Gelombang tinggi serta angin kencang tengah terjadi. Akibatnya, para nelayan di pesisir Tambak Wedi memutuskan untuk tidak melaut. Jika dipaksakan, perahu bisa terbalik.

Ketua Paguyuban Nelayan Tambak Wedi Mustafa mengatakan, cuaca buruk mulai terasa sejak Minggu (22/5) malam, sekitar pukul 20.00. Air pasang serta hantaman gelombang terjadi di pesisir perairan Tambak Wedi. Ditambah lagi, kencangnya angin di tengah laut.

Kondisi tersebut membuat sebagian besar nelayan mengurungkan niat untuk melaut. Percuma dipaksakan. Bukan ikan atau rajungan yang didapat, justru bisa membahayakan diri sendiri. Perahu bisa rusak dan tenggelam akibat dihantam ombak.

”Tapi, masih ada (nelayan) yang nekat melaut. Sebab, mereka sudah telanjur menebarkan jaring di tengah. Dan sudah waktunya untuk didukung,’’ kata Mustafa kemarin (23/5).

Selain membahayakan, cuaca buruk memengaruhi hasil tangkapan. Yang biasanya bisa mendapatkan 15–20 kg rajungan, kali ini hanya separonya. Sebab, perahu tidak bisa dipaksakan berlayar ke tengah.

Hanya mengambil tangkapan di pinggiran. Itu pun derasnya arus serta ombak membuat jaring sulit untuk ditarik. Akhirnya, jaring ditarik dalam kondisi mesin perahu masih menyala.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : iian/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini: