alexametrics

Angkutan Sungai Kalimas Surabaya Beroperasi November

24 Mei 2022, 11:35:12 WIB

JawaPos.com- Program transportasi sungai di sepanjang Kalimas belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Sebab, lelang pekerjaan dinyatakan gagal. Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya berencana mengajukan tender ulang. Agar tahapan berjalan lancar, sejumlah dokumen persyaratan disiapkan.

Konsep angkutan sungai sudah dirancang cukup lama, tetapi sebatas rencana. Baru tahun ini pemkot berupaya merealisasikannya. Tahap awal, Dishub Surabaya menyusun perencanaan. Pembuatan masterplan itu melibatkan pihak ketiga. Diperkirakan butuh waktu sekitar satu bulan.

Kabid Angkutan Dishub Surabaya Sunoto mengatakan, paket pekerjaan transportasi sungai sempat dilelang namun gagal. Hal itu disebabkan peserta lelang tidak memenuhi kriteria yang dibutuhkan. ”Juni lelang ulang bakal dilakukan,” ujarnya.

Meski tender diulang, Sunoto optimistis angkutan sungai bisa terwujud tahun ini. Dishub Surabaya masih punya sisa waktu empat bulan setelah tender untuk merealisasikan program tersebut. ”Targetnya masih sama, tahun ini harus terlaksana. Sekitar November sudah rampung dan bisa beroperasi,” katanya.

Masterplan yang tengah disusun berisi kajian sistem hingga moda transportasi sungai. Rute yang dirancang menjadi jalur angkutan sungai adalah Kalimas. Pertimbangannya, lokasinya strategis, membentang di tengah-tengah Kota Pahlawan.

”Kami mencoba untuk menyediakan alternatif transportasi selain jalur darat. Angkutan sungai ini memiliki potensi lain, misalnya untuk pariwisata,” ucap Sunoto.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c6/aph

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads