alexametrics

Amankan Pilkades Serentak, Polresta Sidoarjo Turunkan 1.500 Personel

24 Mei 2022, 11:21:54 WIB

JawaPos.com- Menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Juni mendatang, Polresta Sidoarjo akan rutin menggelar Safari Cangkrukan Kamtibmas. Sasarannya di 18 kecamatan yang punya hajat pesta demokrasi tingkat desa itu.

Kemarin (23/5) siang Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro memimpin langsung acara tersebut di Balai Desa Suruh, Kecamatan Sukodono. Dalam kesempatan itu, Kusumo meminta semua pihak menjaga kondisi, terutama selama masa kampanye yang berlangsung mulai 13 hingga 15 Juni 2022.

Para calon kepala desa (cakades) harus bisa mengondisikan pendukungnya agar tidak terjadi kekisruhan. ’’Jika ada permasalahan, silakan diselesaikan secara hukum atau sesuai dengan peraturan,’’ ujarnya.

Untuk menjaga kelancaran rangkaian pilkades, Polresta Sidoarjo akan menurunkan sekitar 1.500 personel plus bantuan 200 personel dari Polda Jawa Timur. Bahkan, jika dirasa perlu, beberapa personel ditempatkan di setiap TPS saat hari pencoblosan.

Meski peraturan tentang masker dilonggarkan, dia mengimbau warga untuk tetap menggunakannya saat berada di kerumunan atau di dalam ruangan. Atau jika ada warga yang kondisinya tidak fit. Saat ini sudah lima kecamatan yang didatangi Polresta Sidoarjo dalam Safari Cangkrukan Kamtibmas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sidoarjo Mulyawan meminta cakades melangsungkan kampanye sesuai prokes. Hindari kampanye terbuka dengan arak-arakan. Sejak ada pandemi, hal tersebut sudah tidak diperbolehkan lagi.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c7/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads