alexametrics

Ada 75 CJH Cadangan Asal Sidoarjo Akhirnya Masuk Porsi Berangkat

24 Mei 2022, 11:29:18 WIB

JawaPos.com-  Sebanyak 75 calon jemaah haji (CJH) dari Sidoarjo yang awalnya masuk dalam daftar cadangan sekarang mendapatkan porsi berangkat ke Tanah Suci. Mereka berhak menunaikan ibadah haji tahun ini yang dijadwalkan mulai berangkat bulan depan.

Di Sidoarjo, jumlah CJH yang masuk porsi berangkat mencapai 1.306 orang. Sebanyak 54 orang di antaranya menunda keberangkatan dan meninggal. Total, ada 200 CJH yang masuk porsi cadangan dan sudah mengonfirmasi pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih).

”Di antara 200 calon jemaah yang berada pada porsi cadangan itu, 75 orang sudah bergeser masuk porsi berangkat. Pergerakan porsi baru pukul 15.00 tadi (kemarin, Red),” kata Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin.

Atas pergerakan tersebut, Kemenag segera mengabari CJH yang namanya masuk porsi berangkat. Mereka juga memberi tahu kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

Nasrudin menyampaikan, para CJH cadangan yang masuk porsi berangkat telah melalui proses seperti calon jemaah yang masuk porsi berangkat sejak awal. Mereka tidak hanya telah melunasi bipih, tetapi juga memiliki dokumen perjalanan haji. Termasuk sudah mendapat suntikan vaksin. Baik vaksin meningitis maupun vaksin Covid-19 dosis lengkap. ”Jadi, mereka tinggal berangkat saja jika tidak melakukan penundaan,” tutur Nasrudin.

Menurut dia, porsi keberangkatan haji masih bisa bergerak lagi. Kondisi itu terjadi jika CJH porsi cadangan yang masuk porsi berangkat memutuskan untuk menunda berhaji tahun ini dengan beragam alasan. Misalnya, tiba-tiba ada yang sakit dan tidak bisa berhaji.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads