Tekan Kebocoran, Target 120 Kasir Elektronik Terpasang di Resto-Kafe

24 Januari 2023, 23:59:28 WIB

JawaPos.com- Tapping box atau mesin kasir elektronik untuk pembayaran pajak restoran di Gresik, sejauh ini belum digunakan sepenuhnya. Baru ada 84 restoran atau kafe yang menggunakan mesin kasir elektronik tersebut. Padahal, di Kota Pudak banyak sekali bisnis restoran hingga kafe.

Dengan kasir elektronik itu, sebetulnya angka kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak bisa dikurangi. Termasuk di restoran dan hotel. Sebab, dengan kasir elektronik tersebut, setiap transaksi usaha bisa langsung dimonitor secara online oleh Pemkab Gresik.

Kasir elektronik itu dipasang di mesin kasir untuk menghitung setiap transaksi yang terjadi. Data transaksi akan dikirim secara otomatis ke server milik pemerintah secara real time. Dengan demikian, pejabat pajak bisa langsung melakukan pemantauan potensi pajak.

Kepala Bidang Pajak Daerah Lain Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik Havi Wardana mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyarankan agar pengawasan pendapatan bisa menggunakan kasir elektronik. Saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan secara berkelanjutan.

Namun, lanjut Havi, untuk menggunakan kasir elektronik itu, perlu dilakukan pengusulan. Sebab, ini menyangkut pengadaan alat dan sinkronisasi server. ”Nah, ini secara berkala kami usulkan terus,” ucapnya.

Sejauh ini sudah ada 84 lokasi pemasangan kasir elektronik tersebut. Jumlah itu memang masih tergolong sedikit lantaran restoran di Gresik cukup banyak. Karena itu, pada 2023 ini pihaknya menargetkan kasir elektronik yang terpasang bisa mencapai 120 unit.

Penerapan kasir elektronik ini didukung penuh dengan regulasi. Selain itu, dibutuhkan sinergisitas dengan OPD pelaksana sekaligus penindakan. ”Tahun ini memang kami targetkan bertambah pemasangan tapping box-nya,” ujar dia.

Program kasir elektronik ini mulai dipasang pada 2019. Pada tahun itu Pemkab Gresik sudah merealisasikan 34 tapping box. Tapi, pada 2020 pemasangan tapping box itu terhenti karena pandemi Covid-19. Kemudian, pada 2021 sebanyak 30 kasir elektronik terpasang ke wajib pajak.

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c9/diq

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads