Ini Pesan Wali Kota Surabaya untuk Investor THR-TRS

24 Januari 2023, 20:49:14 WIB

JawaPos.com–Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tak ingin hanya sekadar membangunkan Taman Remaja Surabaya (TRS) dan Taman Hiburan Rakyat (THR) tanpa konsep yang jelas. Eri juga memastikan jika pembangunan TRS dan THR tidak diguyur anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Cak Eri, sapaan akrab Eri Cahyadi, mengungkapkan, pembangunan kembali THR dan TRS menggunakan anggaran dari investor. Kendati demikian, dia tak lantas melepas begitu saja nasib TRS dan THR.

Eri berpesan kepada calon investor agar konsep penataan wisata eks THR-TRS ke depan banyak menyediakan ruang terbuka untuk keluarga. Termasuk pula tidak meninggalkan keberadaan panggung kesenian tradisional seperti ludruk dan ketoprak yang sebelumnya pernah ada.

”Saya ingin ada banyak space ruang terbuka banyak buat keluarga, ada plaza-plaza. Terus menampilkan seni ketoprak dan seni ludruk. Karena saya tidak ingin warga Surabaya lupa dengan ludruk, ketoprak, dan Srimulat yang dulu mengangkat nama besar Surabaya,” terang Eri.

Apabila kerja sama dengan investor nanti sudah berjalan, Eri menyatakan, secara otomatis kompleks eks THR dan TRS selanjutnya menjadi tanggung jawab pihak ketiga. Termasuk pula mengenai keamanan terhadap setiap wahana wisata yang nanti ada di sana.

”Kalau nanti sudah ada pihak ketiga, secara otomatis pihak ketiga punya kewajiban untuk melakukan audit, punya kewajiban untuk mengecek (wahana) permainannya,” papar Eri.

Sebelumnya, Eri menyampaikan, tahun ini, Pemkot Surabaya berencana membangun kembali wisata legendaris THR-TRS. Rencananya, akhir 2023, THR-TRS beroperasi lagi dengan wajah anyarnya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Dimas Nur Aprianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads