alexametrics

Ini Penyebab Kemacetan di Jalur Lintas Utara Surabaya

24 Januari 2022, 21:46:29 WIB

JawaPos.com- Persoalan lalu-lintas yang terjadi di jalur lintas utara Surabaya cukup rumit. Selain kerusakan infrastruktur, kemacetan arus lalu lintas seperti di Jalan Margomulyo kerap terjadi. Terutama pada siang hingga menjelang sore. Kemacetan yang terjadi mengular hingga berkilo-kilometer.

Untuk mengetahui penyebabnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya dan Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengkaji arus lalu lintas di lokasi. Ada dua faktor yang menjadi penyebab utama. Yaitu, banyaknya kendaraan besar yang melintas dan jarak U-turn yang cukup dekat dengan titik vital. Misalnya, berdekatan dengan pintu masuk gerbang tol Tandes Timur dan Barat.

Terdapat empat jalur putar balik di lokasi itu. Dari semua lokasi itu, titik kemacetan terdapat di U-turn nomor 2 dan 3 dari sisi utara menuju selatan. Kabid Lalu Lintas Dishub Surabaya Soesandi Ismawan mengatakan, dua jalur putar balik itu berjarak cukup dekat dengan gerbang tol Tandes Timur dan Barat.

Jaraknya kurang dari 50 meter. Alhasil jika kendaraan besar berputar balik dan menuju gerbang tol, kendaraan itu akan memotong jalur. Dari jalur cepat akan berbelok dan langsung ke jalur lambat di sisi kiri. Kondisi tersebut mengganggu laju kendaraan lainnya. Akibatnya, kemacetan kerap tak bisa dihindari.

”Macet biasanya terjadi jam 12 siang hingga sore hari. Pas saat keluarnya trailer dan truk,’’ ucap dia. Untuk mengurangi kepadatan, pihaknya berencana melakukan sistem buka tutup pada U-turn di Jalan Margomulyo.

Pengaturan tersebut terutama pada U-turn dekat gerbang tol. Koordinasi bersama Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak sudah dilakukan. Dalam waktu dekat, uji coba dan rekayasa lalin segera digelar.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads