alexametrics

DLH Gresik Inspeksi Timbunan Limbah di Bantaran Kali Surabaya

24 Januari 2022, 20:52:38 WIB

JawaPos.com – Laporan adanya timbunan limbah berupa bahan gagal produksi dari salah satu pabrik di wilayah Gresik selatan, langsung direspons Pemkab Gresik. Tim dinas lingkungan hidup (DLH) sudah melakukan inspeksi ke lokasi. Yakni, di sempadan Kali Surabaya, Desa Sumberame, Kecamatan Wringinanom.

Informasi yang dihimpun, material yang dibuang di sempadan sungai itu adalah bahan yang tidak lolos uji sampel. Karena itu, pihak perusahaan bersangkutan mengembalikan kepada pengirim. Kemudian, pihak pengirim bermaksud menjualnya ke warga sekitar. Bahkan, kalau tidak ada yang mau membeli akan diberikan gratis.

Menurut Kholied Basyaiban, pegiat lingkungan dari Ecoton, pihaknya kaget dengan temuan timbunan barang tersebut. Sebab, limbah berpotensi merusak lingkungan. Apabila terus dibiarkan, bukan tidak mungkin bantaran sungai akan beralih fungsi menjadi tempat pembuangan limbah.

‘’Bantaran sungai itu sebagai wilayah resapan air. Karena wilayah bantaran ini sudah ada aturannya, jangan sampai dilakukan alih fungsi,” ucapnya.

Dia menyebutkan, sesuai pasal 9 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai, area 30 meter dari bibir sungai adalah wilayah sempadan. Karena itu, dilarang mendirikan bangunan ataupun menjadi tempat pembuangan limbah.

Apalagi lokasi bantaran Kali Surabaya yang menjadi DAS Brantas telah ditetapkan sebagai kawasan suaka ikan seperti tertuang dalam SK Gubernur Jatim Nomor 188/229/KPTS/013/2014.  Karena itu, lanjut Kholied, pihaknya tentu berharap pemerintah menindak setiap pelanggaran yang dilakukan agar ada efek jera.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads