alexametrics
Kaleidoskop 2021

Selama 2021, Wali Kota Eri Buktikan Janji Kampanye Lewat Program Baru

23 Desember 2021, 07:08:54 WIB

JawaPos.com–Usai dilantik pada Februari 2021, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mencanangkan berbagai program baru. Beberapa program sempat dijanjikan selama kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Program pertama yang dijalankan adalah pembukaan lapangan kerja. Tahun ini, Eri menargetkan tiap Kepala Keluarga (KK) memiliki pemasukan 7 juta rupiah tiap bulan. ”Harapannya seluruh warga Kota Surabaya sudah dapat pekerjaan. Lalu per keluarga pendapatan minimal UMK. Minimal kita siapkan Rp 7 juta per keluarga bukan per pribadi,” terang Eri ketika ditemui pada Hari Jadi Kota Surabaya ke-728 pada Senin (31/5).

Sistemnya, gaji warga akan dihitung berdasar anggota keluarga. Misalnya, bapak bekerja sebagai petugas kebersihan mendapat gaji dengan nominal tertentu. Kemudian ibu akan diikutkan kegiatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

”Tenaga kontrak wajib ber-KTP Surabaya. Bila ada anggota keluarga yang belum kerja, akan kami ajari untuk mengelola UMKM,” tutur Eri.

Program kedua adalah beasiswa bagi pelajar yang masuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pemerintah Kota Surabaya menyebut sudah menyiapkan dana Rp 47,7 miliar. Anggaran tersebut sudah diplot untuk 13.515 pelajar tingkat SMA/SMK MBR dalam dokumen kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS).

Kebijakan itu disebut sudah disepakati bersama pemkot dan DPRD dengan proyeksi APBD 2022 mencapai Rp 10,163 triliun. Alokasi untuk bidang pendidikan 21,90 persen atau sekitar Rp 2 triliun lebih. Untuk pelajar SD dan SMP di Surabaya, Eri menggandeng 37 perusahaan untuk memberikan beasiswa bagi siswa SMP.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: