Harapan DPRD Surabaya Atas Penetapan Risma Sebagai Mensos

23 Desember 2020, 20:02:21 WIB

JawaPos.com–Penetapan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai menteri sosial direspons dengan berbagai bentuk apresiasi dari anggota DPRD Kota Surabaya.

Josiah Michael, anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berharap Risma mampu memfokuskan diri untuk memperbaiki pendataan jumlah masyarakat berpenghasilan rendah di Indonesia. Agar bantuan pemerintah tepat sasaran.

”Saran saya, Ibu fokus ke perbaikan data masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan bantuan pemerintah. Sehingga carut marut data sudah tidak ada lagi. Selama pandemi Covid-19 ini, bantuan dari kementerian sosial bisa lebih tepat sasaran,” harap Josiah ketika dihubungi pada Rabu (23/12).

Josiah meyakini kemampuan Risma untuk merangkul wong cilik. Beberapa program yang pernah dilakukan Risma di Surabaya. Salah satunya pemberian wedang pokak dan telur rebus pada warga selama pandemi.

Wedang pokak dan telur rebus itu kan bentuk perhatian untuk menjaga kebugaran dan kesehatan warga. Urusan sesederhana wedang dan telur saja sudah diperhatikan. Apalagi hal-hal lain,” ujar Josiah.

Sementara itu, Ketua DPRD Surabaya sekaligus Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwiyono mengapresiasi keberhasilan Risma. Dia mengatakan, penetapan Risma menjadi kebanggaan bagi warga Surabaya. Terlebih lagi, Risma dianggap sebagai Ibu bagi warga.

”Selama 10 tahun menjadi Wali Kota Surabaya Ibu Risma tercatat kaya akan rekam jejak dengan berbagai inovasi kebijakan yang dinikmati warga Surabaya. Misalnya, program pemberian paket makanan setiap hari bagi warga usia lanjut, warga disabilitas dan anak-anak yatim piatu. Ibu Risma juga berhasil melakukan pendataan warga kurang mampu melalui basis data Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan basis data itu, warga dapat menikmati berbagai intervensi kebijakan di bidang kesehatan, pendidikan, dan program sosial lain,” tutur Adi.

Hal yang sama diungkapkan Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti. Menurut Reni, banyak yang meyakini kemampuan Risma. ”Ucapan ini tentu wujud harapan besar agar Bu Risma bisa menjalankan amanah dengan baik, sehat selalu, dan mampu meningkatkan kinerja kementerian. Tentu ini bukan tugas yang ringan, dampak atas kinerja kementerian skalanya tidak hanya Surabaya namun Indonesia. Semoga Bu Risma bisa mengembannya dengan lebih baik, utamanya pada masa pandemi saat kondisi sosial rakyat Indonesia terdampak,” ujar Reni dari Fraksi PKS.

Kebanggaan juga turut dirasakan Herlina Harsono Njoto, anggota Komisi D DPRD. Terlepas dari segala kelebihan maupun kekurangan Risma saat memimpin, penetapan tersebut menunjukkan prestasi Surabaya dilihat oleh Presiden Indonesia.

”Ini bukan lagi mengurus terjaminnya kesejahteraan bagi warga Surabaya, tapi seluruh warga Indonesia. Tentunya Bu Risma akan lebih bekerja keras lagi untuk mewujudkannya. Menjadi PR besar, agar dalam waktu dua bulan ke depan sampai dilantiknya kepala daerah terpilih jangan sampai ada vacum of power ketika Bu Risma tidak lagi menjabat aktif di Kota Surabaya,” tutur Herlina.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads