Jembatan Bolong, Warga di Sidoarjo Menambal dengan Sofa Rusak

23 November 2022, 12:55:32 WIB

JawaPos.com- Jembatan penghubung antara Desa Prasung dan Desa Dukuh Tengah di Kecamatan Buduran. Sidoarjo, rusak berat. Ada lubang menganga di tengah jembatan. Dengan begitu, yang bisa dimanfaatkan untuk lewat hanya separo jalan.

Menurut warga sekitar, jembatan tersebut rusak sejak Juli lalu. Namun, sampai sekarang belum diperbaiki. Agar tak membahayakan pelintas, warga meletakkan penanda dari segala rupa benda, mulai kayu, gedebok, hingga sofa rusak.

Kepala Desa Prasung Syafii mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kerusakan tersebut tak lama setelah muncul lubang di jembatan sepanjang 10 meter itu. ’’Sudah kami sampaikan akhir Juli lalu, tapi belum diperbaiki sampai sekarang,’’ katanya.

Karena jembatan rusak, warga mengatur arus lalu lintas di sana agar pengendara lewat bergantian. ’’Motor bisa. Mobil kecil juga masih bisa lewat. Tapi, truk sudah tidak bisa,’’ jelasnya.

Kondisi tersebut membuat Wakil Bupati Sidoarjo Subandi mengecek langsung ke lokasi kemarin (22/11). Subandi menyebut karena ada lubang, arus lalu lintas di sana kerap terhambat. Terutama saat pagi, jam berangkat kerja. Sebab, jalan tersebut menjadi akses utama warga Prasung menuju Kecamatan Sedati.

’’Kami minta jembatan itu segera diperbaiki. Minggu ini harus sudah mulai perbaikannya,’’ pinta Subandi. Dia tidak ingin rusaknya jembatan itu membahayakan pengendara. Perbaikan jembatan tersebut dilakukan melalui anggaran pemeliharaan. ’’Jika tidak efektif, tahun depan ditingkatkan dan dilebarkan,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Dwi Eko Saptono mengatakan, dua hari lagi perbaikan mulai dilakukan. ’’Pemeliharaan saja. Penambalan yang berlubang,’’ ujarnya. Perbaikan membutuhkan waktu sekitar sebulan. ’’Kami upayakan sebelum liburan Natal dan tahun baru sudah selesai,’’ katanya.

Dwi mengakui, kondisi jembatan tersebut memang membutuhkan peningkatan dengan ditinggikan. Namun, hal itu belum bisa dilakukan tahun ini. ’’Rencananya, baru tahun depan ada peningkatan. Jembatannya ditinggikan,’’ ujarnya. Tujuannya, air maupun sampah yang hanyut tidak sampai mengenai permukaan jembatan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c7/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads