Penataan THP Kenjeran Surabaya Skala Besar Tahun Depan

23 September 2022, 23:15:05 WIB

JawaPos.com- Lelang penataan kawasan wisata di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Kota Surabaya, sudah rampung. Pemkot Surabaya segera memulai pengerjaan kawasan tersebut, baik pada sisi utara maupun sisi selatan.

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Iman Krestian Maharhandono mengatakan, pengerjaan awal yang pasti dilakukan adalah saluran dan drainase.

’’Tahapannya begitu. Setelah mengerjakan drainase, baru menata vegetasi di dua kawasan itu,’’ ungkap Iman. Drainase yang bakal dibuat tersebut sepanjang 250 meter. Targetnya, saluran itu mampu mengatasi problem genangan saat hujan dengan intensitas tinggi.

Iman menambahkan, konsep penataan di THP Kenjeran di sisi utara dan selatan lebih fokus alam, bukan bangunannya. ’’Dengan konsep alam tersebut, THP Kenjeran bisa memiliki ciri khas tersendiri,’’ lanjutnya.

Imam menjelaskan, tahun ini lebih banyak penataan berskala minor. Termasuk melengkapi sarana dan prasarana dua sisi di utara dan selatan. Penataan skala besar akan dilakukan pada tahun depan. ’’Di antaranya, ada pengurukan lahan. Ini lokasi di dalam THP ya,’’ lanjutnya.

Dia mengungkapkan, pengurukan lahan itu juga bukan untuk bangunan, melainkan pasir pantai. Pasir pantai tersebut tak hanya berada di sisi utara, tapi juga sisi selatan. Saat pantai surut, kata dia, yang tampak bukan lumpur. Melainkan pasir pantai. ’’Tapi, ini tahun depan. Jadi, nanti vibes-nya terlihat. Karakteristiknya ada,’’ paparnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini: