Disidak Wabup, Jembatan Desa Kraton Sidoarjo Tidak Sesuai Target

23 September 2022, 17:15:25 WIB

JawaPos.com- Tahun ini Pemkab Sidoarjo membangun empat jembatan baru. Salah satunya, jembatan di Dusun Sidomukti RT 7, RW 2, Desa Kraton, Kecamatan Krian. Kamis (22/9) siang Wakil Bupati Sidoarjo Subandi menggelar sidak ke sana. Hasilnya, pekerjaan lebih lambat dari target yang sudah ditetapkan.

Subandi mengatakan, jembatan penghubung Desa Kemangsen dan Desa Kraton itu kini masih terbangun 22 persen. Padahal, jika sesuai target yang ditetapkan, seharusnya sudah terbangun 37 persen. ”Ini proses pengerjaannya sudah masuk minggu ke-17, tapi capaiannya masih kurang dari target,’’ katanya.

Pihaknya meminta CV Karya Deka selaku pelaksana proyek tersebut mengebut pekerjaan. ”Ini kurang tiga bulan lagi, harus dikebut. Kalau tidak dikebut, tidak bisa selesai Desember,’’ katanya. Sampai saat ini, jembatan tersebut belum terbangun. Pekerja masih menyelesaikan fondasi dan tiang pancang di tiap sisi jembatan.

Target awal, jembatan sepanjang 25 meter dengan lebar 4 meter di atas saluran sekunder Mangetan Kanal itu selesai akhir Desember. ”Kurang 3,5 bulan lagi, jangan sampai molor. Karena ini jadi akses ekonomi warga sekitar,’’ katanya.

Meski hanya bisa dilewati motor, jembatan tersebut sangat membantu warga. Sebab, tanpa jembatan itu, warga harus memutar melewati jembatan yang lain sekitar 2 kilometer dari lokasi. Selama ini, jembatan di RT 7 tersebut sudah ada. Namun, kondisinya memprihatinkan karena hanya berupa tiang dan tumpukan pelat besi. Lebarnya pun hanya 2 meter sehingga tidak bisa untuk papasan motor.

Selain harus tepat waktu, Subandi meminta kualitas jembatan harus bagus. ”Tidak boleh dikerjakan asal-asalan hanya karena butuh cepat,’’ katanya. Apalagi, yang dibangun adalah jembatan yang berada di atas sungai yang cukup lebar. ”Dari dinas, camat, termasuk dari desa, mohon intensif mengawasi. Agar sesuai jadwal dan kualitasnya bagus,’’ katanya. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini: