Bertarif Rp 5.000, dari Joyoboyo ke Osowilangun Hanya Sekali Bayar

23 September 2022, 16:57:31 WIB

JawaPos.com- Keluhan dari masyarakat pasca penutupan tiga trayek bus DAMRI akhirnya teratasi. Pemkot Surabaya memberikan solusi dengan menambah rute baru untuk Suroboyo Bus, yakni dari Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) ke Terminal Tambak Osowilangun (TOW) dan sebaliknya.

Terhitung sejak 1 September, Perusahaan Umum (Perum) DAMRI menghentikan operasi tiga bus di Surabaya, yakni bus P3, P4, dan P8. Bus P8 merupakan satu-satunya armada yang memiliki trayek dari Terminal TOW langsung ke Terminal Purabaya.

Ditutupnya tiga trayek bus DAMRI tersebut memicu protes dari para pedagang di TOW. Para penumpang juga sambat karena harus transit di Gresik atau di Pasar Loak, Dupak, dulu baru bisa ke Purabaya.

Para pedagang yang tergabung dalam Persatuan Warung dan Toko Terminal TOW melayangkan protes ke wali kota Surabaya. ”Kami juga menjelaskan bagaimana kondisinya. Akhirnya Pak Wali Kota memberikan solusi dengan menambah rute Suroboyo Bus ke TOW,” ujar Koordinator Bidang Tata Terminal Hery Isbiyanto kemarin (22/9).

Hery menyatakan, kebijakan tersebut menjadi salah satu cara untuk mengisi kekosongan armada menuju Purabaya. Dalam sehari ada enam armada Suroboyo Bus yang stand by. Rute yang ditempuh dari TOW ke TIJ. Dari TIJ penumpang bisa transit agar bisa ke Purabaya. Pembayaran hanya dilakukan satu kali.

Untuk rute kedua, penumpang cukup menunjukkan bukti pembayaran yang dilakukan secara nontunai. Hal itu berlaku untuk rute TIJ ke TOW maupun TIJ ke Purabaya. ”Tapi, bayarnya harus pakai nontunai. Baik pakai QRIS maupun e-money,” tutur Hery.

Sementara itu, Kepala Unit Terminal TOW Imam Hidayat mengakui bahwa jumlah penumpang Suroboyo Bus memang belum banyak. Sebab, rute baru bus jenis low deck tersebut baru berjalan sepekan. ”Kami terus lakukan sosialisasi setiap kali ada penumpang yang tanya. Daripada transit di Gresik, lebih baik transit di TIJ dan bayarnya cuma sekali,” jelasnya.

Manta kepala unit Terminal Purabaya itu menyatakan, ada dua golongan tarif penumpang. Untuk pelajar, tarifnya hanya Rp 2.500, sedangkan umum Rp 5.000. ”Dan itu sekali bayar bisa sampai Purabaya,” ucapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c9/may

Saksikan video menarik berikut ini: