alexametrics

Lima Mahasiswa Unesa Rancang Aplikasi E-Batik Nusantara

23 September 2021, 19:10:16 WIB

JawaPos.com- Batik merupakan bagian dari budaya bangsa yang memiliki ragam motif dan makna. Untuk memberikan edukasi batik sejak dini, lima mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) merancang aplikasi E-Batik Nusantara.

E-Batik Nusantara lahir dari tangan Aas Nafilah Ilmi, Mochammad Anan Charismadeyanto, dan Ama Fatmala dari program studi (prodi) S-1 pendidikan IPS. Juga, Novan Ari Pradana dari prodi D-4 manajemen informatika dan Maharani Syahdilla Putri dari prodi S-1 desain komunikasi visual.

Aas mengatakan, aplikasi E-Batik Nusantara dirancang dengan menggunakan metode augmented reality berbantuan combine close. Aplikasi itu menjadi media pembelajaran atau sarana edukasi ragam batik tanah air. Media tersebut, mulai digunakan di sekolah-sekolah. ’’Kalau mau belajar batik, macam-macamnya, motif, dan maknanya dari berbagai daerah, bisa lewat E-Batik Nusantara,” ujar Aas.

Visual model batik dirancang berbasis teknologi tiga dimensi sehingga bisa digerakkan, diputar, atau diperbesar dengan sentuhan jari. Selain itu, dilengkapi ’’suguhan’’ 34 lagu daerah dan fitur permainan sederhana berupa tanya jawab dan tebak-tebakan seputar batik Nusantara.

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : rin/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads