alexametrics

RS di Surabaya Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

23 Juni 2022, 19:47:03 WIB

JawaPos.com– Munculnya mutasi atau varian baru Covid-19 patut diwaspadai. Kenaikan kasus di Surabaya juga mulai dirasakan rumah sakit. Berbagai langkah dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan pasien lagi.

Manajer Penunjang Medis National Hospital Hanny Cahyadi SFarm MFar-Klin mengatakan, pihaknya mulai mencatat adanya permintaan tes yang lebih banyak dua kali lipat dari beberapa bulan terakhir. ”Itu sejak akhir pekan lalu, positivity rate juga ikut naik,” jelasnya.

Kasus yang ditemukan saat ini masih didominasi kalangan dewasa. Banyak di antaranya yang sudah merasa tertular dari interaksi dengan lingkungan. ”Ada juga yang tidak sadar terkena di mana, tahu-tahu sudah muncul gejala sehingga memutuskan untuk tes usap,” imbuh Hanny.

Meski saat ini pasien berasal dari kalangan dewasa, Hanny mengingatkan bahwa bahaya penularan tetap mengintai anak-anak, lansia, dan orang dengan komorbid. ”Mereka tetap yang paling rentan.

Karena itu, vaksin booster dan prokes wajib dijaga,” paparnya. Apalagi anak-anak usia di bawah 6 tahun yang belum mendapatkan vaksin. Orang tua dan orang dewasa di sekitarnya perlu menjaga keamanan anak bersama-sama.

Dengan adanya tren kenaikan kasus tersebut, Hanny menyebutkan bahwa pihaknya tetap menyiagakan fasilitas khusus Covid-19. Sejak penurunan kasus terjadi beberapa bulan terakhir, mereka tetap menyediakan instalasi gawat darurat (IGD) khusus Covid-19. ”Bed yang disediakan juga tetap lima unit. Tidak pernah dikurangi,” tegasnya saat ditemui kemarin (22/6).

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : dya/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads