alexametrics

Pengunjung Membeludak, Pemkot Berencana Tambah Perahu Kalimas

23 Juni 2022, 19:40:27 WIB

JawaPos.com- Animo pengunjung wisata perahu Kalimas, Surabaya, terus membeludak. Padahal, jumlah perahu yang beroperasi masih terbatas. Karena itu, Dinas kebudayaan, kepemudaan dan olahraga, serta pariwisata (disbudporapar) bakal menambah unit baru. Dengan begitu, kuota setiap hari bisa makin banyak.

Kepala Disbudporapar Wiwik Widayati menyatakan, animo pengunjung sangat tinggi. Pada hari libur, jumlah pengunjung bisa mencapai seribuan orang. Melihat kondisi tersebut, tentu perahu perlu ditambah lagi agar bisa menampung pengunjung. ”Pasti ada tambahan perahu baru,” ujarnya.

Rencananya, penambahan perahu dilakukan tahun ini. Jumlahnya masih dikaji. Wiwik mengungkapkan, tahun ini ada pengadaan perahu baru. Nah, tahun depan juga ada tambahan lagi.

Namun, semuanya dilihat dari perkembangan jumlah pengunjung. Pengadaan perahu juga akan mempertimbangkan jumlah pengunjung agar nanti bisa sesuai dengan kebutuhan. Pengunjung pun dapat tertampung. ”Kami menghitung dan mengkaji kembali terkait itu,” kata Wiwik.

Dia menilai wajar jika banyak penumpang yang sudah booking, tetapi tidak datang. Sebab, di setiap sesi juga disediakan kuota. Saat ini total terdapat 12 unit perahu di Kalimas. ”Sebanyak 10 perahu di antaranya digunakan untuk operasional. Dua lainnya dipakai untuk UMKM terapung dan hiburan musik,” jelasnya.

Sebelumnya, pakar transportasi air Ali Yusa menyarankan Pemkot Surabaya menaikkan tarif wisata perahu Kalimas. Selain menambah pemasukan daerah, kenaikan harga itu berguna untuk meningkatkan fasilitas dan layanan tempat wisata tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c14/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads