alexametrics

Lanjutan Proyek FR Sidoarjo, Sebanyak 38 Bangunan Bakal Dibongkar

23 Juni 2022, 17:40:09 WIB

JawaPos.com- Mulai hari ini (23/6) sebanyak 38 bangunan yang berada di lahan untuk proyek pembanagunan frontage road (FR) di Sidoarjo bakal ditertibkan. Lokasi bangunan itu berada di Desa Banjar Kemantren, Kecamatan Buduran, di dekat pertigaan lingkar timur hingga ke utara depan pabrik kapur. Penertiban bangunan tersebut berlangsung selama dua atau tiga hari.

’’Sebanyak 38 bangunan itu sudah terbayar semua. Karena itu besok pagi (hari ini, Red) mulai kami bongkar,’’ ucap Plt Kepala Dinas PUBMSDA Sidoarjo Dwi Eko Saptono.

Dengan begitu, penyiapan lahan bisa lebih cepat dan PT Jaya Etika Teknik selaku pelaksana proyek bisa segera bergerak membangun. Sebab, lanjut dia, penandatanganan kontrak antara Pemkab Sidoarjo dan pelaksana proyek sudah dilakukan 20 Juni lalu. Awalnya, rencananya tanda tangan kontrak digelar pada 24 Juni, tetapi ternyata bisa lebih cepat. Pemberian surat perintah kerja (SPK) selama 180 hari kerja juga sudah dilakukan.

Saat ini hingga 28 Juni nanti, pelaksana pekerjaan tersebut masih melakukan persiapan pembangunan yang meliputi survei elevasi tanah, pengukuran tanah, membangun base camp pekerja, hingga mobilisasi peralatan. Termasuk membongkar bangunan yang berdiri di atas lahan yang akan dibangun FR. Setelah proses persiapan selesai, pembangunan FR langsung dilakukan. Setelah pembongkaran bangunan di sisi Buduran tersebut selesai, Juli nanti berlanjut pembongkaran di sisi Gedangan.

Dwi menambahkan, sampai saat ini memang masih ada 12 bidang lahan yang belum dibebaskan pada lahan yang akan dibangun FR. Karena itu, bangunan belum bisa dibongkar. Yakni, pada segmen Delta Sari Waru sebanyak 5 bidang dan di segmen Gedangan-Buduran 7 bidang.

Namun, dia menyebut pembebasan lahan itu segera tuntas. Akhir Juni nanti sudah proses appraisal atau perhitungan nilai lahan. Setelah itu, musyawarah dengan pemilik. Dengan begitu, awal Juli ganti rugi bisa dibayarkan semua.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c17/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads