alexametrics

Alun-Alun Surabaya Jadi Jujukan Belajar Literasi

23 Juni 2022, 21:45:51 WIB

JawaPos.com- Menjelang libur sekolah, Alun-Alun Surabaya kian ramai dipadati pengunjung. Terutama siswa sekolah. Salah satunya dari SMP Al Falah Surabaya. Mereka tidak hanya menikmati pameran lukisan di basemen, tapi juga belajar literasi.

Kepala UPTD Museum dan Gedung Seni Balai Budaya Surabaya Saidatul Ma’munah mengatakan, kunjungan di Alun-Alun Surabaya memang meningkat. Per hari setidaknya ada 5 ribu pengunjung. Paling banyak anak muda. Termasuk siswa yang melakukan kegiatan luar sekolah. Berbagai koleksi juga ada di sana. Misalnya, benda yang ditemukan saat penggalian basemen. ’’Iya sejak dibuka, pengunjungnya naik,’’ terangnya.

Ada berbagai tujuan pengunjung datang ke Alun-Alun Surabaya. Salah satunya, puluhan siswa dari SMP Al Falah Surabaya. Kemarin (22/6) rombongan tiba di lokasi. Mereka tidak sekadar berfoto atau menikmati pameran lukisan di basemen, tapi juga mencari literasi di setiap koleksi Alun-Alun Surabaya.

Wakil Kepala Bagian Kurikulum SMP Al Falah Surabaya Sufiatin Eka Sari mengatakan, pihaknya datang dalam rangka studi literasi. Tujuannya bukan hanya Alun-Alun Surabaya, melainkan juga Museum Etnografi dan Perpustakaan Unair. ’’Ini dilakukan dalam rangka jelang libur semester,’’ ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pengelolaan Transportasi Umum (PTU) Dishub Surabaya Eni S. Fajarsari mengatakan, bus akomodasi itu adalah yang tidak digunakan untuk antar jemput siswa. ’’Syarat penggunaannya mengajukan surat permohonan ke dishub,’’ ujarnya.

Dishub mendukung program tersebut. Mereka memfasilitasi kegiatan serupa. Asalkan, kunjungan dilakukan di Kota Surabaya. Dishub berharap keberadaan bus insidental itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pihak sekolah. Dengan begitu, para siswa bisa mengenal lebih dekat kawasan ikonik di Surabaya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads