alexametrics

Pendaftaran SD Untuk Jalur Afirmasi dan Pindah Tugas Orang Tua Dibuka

23 Mei 2022, 12:48:28 WIB

JawaPos.com – Pendaftaran PPDB jenjang SD negeri berlangsung mulai hari ini (23/5). Pendaftaran tahap awal dibuka untuk dua jalur. Yaitu, jalur afirmasi inklusi serta mitra warga dan jalur perpindahan tugas orang tua. Pagunya, masing-masing 15 persen dan 5 persen.

Waktu pendaftaran afirmasi inklusi dan mitra warga dibuka tiga hari. Mulai Senin sampai Rabu (23–25/5). Jalur pindah tugas orang tua hanya dua hari. Hari ini sampai besok (23–24/5).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Surabaya Yusuf Masruh memastikan pihaknya siap menerima pendaftaran calon peserta didik baru (CPDB). ’’Infrastruktur dan sarana-prasarana sudah siap. Silakan daftar sesuai tahapan dan jadwal,’’ kata Yusuf kemarin (22/5).

Dispendik meminta calon siswa untuk melengkapi sejumlah persyaratan. Untuk jalur afirmasi kategori inklusi, misalnya, pihak orang tua wajib melampirkan surat dari psikolog. Dokumen itu menerangkan bahwa calon peserta didik benar-benar penyandang disabilitas. Adapun pendaftar jalur afirmasi kategori mitra warga harus berstatus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Panitia akan melakukan seleksi berdasar jarak sekolah dengan tempat tinggal siswa. Jika ada kesamaan dengan pendaftar lain, diprioritaskan berdasar usia. Dan jika masih ada kesamaan, digunakan waktu pendaftaran. ’’Jadi, jangan saling menunggu. Kalau syarat sudah lengkap, sebaiknya langsung daftar,’’ imbuh Yusuf.

Untuk jalur perpindahan tugas orang tua, calon peserta didik mendaftar online dengan melampirkan sejumlah dokumen. Di antaranya, surat keterangan pindah tugas orang tua dari instansi tempat bekerja. Berikutnya, melampirkan kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran serta bukti pendataan penduduk nonpermanen.

Nah, setelah dua jalur itu tuntas, pendaftaran segera disusul dengan jalur lainnya. Misalnya, jalur prestasi dan zonasi.

Yusuf menyampaikan, saat ini masyarakat sudah bisa mengakses laman ppdb.surabaya.go.id. Di dalamnya ada beragam informasi seputar PPDB 2022. Mulai jalur pendaftaran, pembagian zonasi, sampai pagu yang tersedia di setiap sekolah. Proses pendaftaran maupun validasi data dilakukan secara online.

Dispendik menyadari bahwa tidak semua wali murid melek teknologi. Ada juga yang terkendala perangkat gadget yang tidak memadai. Yusuf menjelaskan, sekolah di sekitar radius terdekat siap membantu masyarakat untuk proses pendaftaran PPDB. ”Guru-guru akan siaga. Bisa membantu warga yang membutuhkan, khususnya prosedur pendaftaran,’’ tuturnya.

Dispendik juga akan menggandeng perangkat seperti petugas kelurahan, kecamatan, hingga RT/RW. Tujuannya, sosialisasi seputar PPDB bisa dilakukan secara masif.

Yusuf tidak memungkiri bahwa banyak warga yang belum mendapat informasi memadai terkait teknis pelaksanaan PPDB. Mulai jalur masuk, mekanisme pendaftaran, hingga informasi jumlah pagu yang tersedia di suatu sekolah. ”Sesuai perintah Pak Wali Kota, antar-OPD harus kolaborasi dan sinergi. Lurah, camat, dan RT/RW bisa bantu menjelaskan ke warga,’’ papar Yusuf.

Dispendik juga akan memanfaatkan media sosial (medsos). Pihaknya mengaktifkan hotline atau call center PPDB. Masyarakat yang membutuhkan informasi PPDB bisa mengakses call center.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads