alexametrics

Lima Finalis Sayembara Desain Landmark Baru Sidoarjo Sudah di Tangan

23 Mei 2022, 15:47:46 WIB

JawaPos.com– Perlahan tapi pasti wajah Sidoarjo di bawah kepemimpinan Bupati Ahmad Muhdlor Ali terus berubah. Di beberapa spot kota, sudah dan akan makin estetik. Kini, dalam waktu dekat giliran menggarap landmark  tugu di perempatan Babalayar.

Sayembara desain tugu yang berada di Jalan Pahlawan, Sidoarjo, selesai. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo sudah memilih lima finalis. Dalam waktu dekat, desain terbaik akan diumumkan.

Kepala DLHK Pemkab Sidoarjo M. Bahrul Amig menyebut pihaknya sudah memanggil lima finalis itu untuk memaparkan makna desain yang mereka buat. Amig menambahkan, lima desain terpilih itu menarik semua. Hanya, pihaknya harus memilih desain yang paling tepat untuk diaplikasikan di tengah perempatan Babalayar.

”Karena itu tugunya di tengah-tengah perempatan, desain yang ada harus bisa dilihat dari banyak sudut. Lima desain finalis ini sudah memenuhi itu,’’ katanya.

Selain itu, desain juga tidak memakan tempat. Maksimal lebar 5 meter. ”Karena tugu itu termasuk taman atau lanskap pasif,’’ katanya. Artinya, hanya untuk hiasan. Karena itu, desainnya tidak boleh mengganggu fungsi jalan. ”Karena ada kepadatan di sana, jangan sampai mengganggu arus,’’ imbuhnya.

Amig menyebut ada pula desain menarik yang masuk, namun memiliki ornamen-ornamen kecil di seputaran tugu Babalayar yang memakan tempat. Sehingga jika diterapkan, itu akan mengganggu arus lalu lintas. Selain itu, ada pula yang desainnya terlampau tinggi. ”Ada yang tingginya sampai 18,5 meter,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads