alexametrics

Hari Ini PPKM Berakhir, Begini Kondisi Terkini Jatim dan Surabaya Raya

23 Mei 2022, 11:29:21 WIB

JawaPos.com- Hari ini (23/5) masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia bakal berakhir. Apakah pemerintah akan memperpanjang kembali atau menyudahi masa pandemi dan mengambil kebijakan endemi? Tunggu pengumuman resmi dari Presiden RI Joko Widodo.

Yang jelas, kondisi kasus Covid-19 di Indonesia pasca-Lebaran, sejauh ini masih relatif terkendali dan tren melandai. Termasuk perkembangan kasus aktif di Provinsi Jawa Timur maupun wilayah aglomerasi Surabaya Raya. Tidak seperti kondisi setelah Lebaran pada tahun lalu, yang terjadi lonjakan kasus aktif cukup signifikan.

Kondisi kasus aktif di Jawa Timur, misalnya. Berdasarkan data yang dihimpun Jawa Pos, dalam sepekan terakhir memang ada kenaikan. Namun, angkanya relatif kecil. Pada 16 Mei 2022, kasus aktif di Jawa Timur tercatat ada 146 orang. Nah, sepekan kemudian atau 22 Mei, ada 147 kasus aktif atau naik hanya satu orang.

Demikian juga di Surabaya Raya. Di Kota Surabaya, misalnya. Pada 16 Mei lalu, jumlah kasus aktif ada 35 orang. Seminggu kemudian atau 22 Mei, bertambah tiga orang menjadi 38 orang. Di Sidoarjo, terjadi penurunan.  Dari sepekan lalu ada 16 orang, kini tingga 14 orang. Begitu juga di Gresik, kini kasus aktif tercatat hanya 4 orang.

Melihat situasi Covid-19 dari hasil asesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 21 Mei 2021, Jawa Timur juga sudah masuk dalam level 1. Delapan indikator semuanya dinilai berada di tingkat 1 dan memadai. Baik transmisi komunitas, kapasitas respons (testing, tracing, treatment), dan pencapaian vaksinasi.

Begitu pula hasil asesmen situasi Covid-19 untuk wilayah aglomerasi Surabaya Raya. Semua indikator juga membaik. Hanya indikator tracing di Gresik yang dinilai terbatas. Di dashboard Kemenkes tertanggal 21 Mei, tracing tertulis 0,00. Sedangkan di Surabaya dan Sidoarjo sudah memadai dan berada di level 1.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads