alexametrics

Di Surabaya, Vaksinasi untuk Anak Semakin Dimasifkan

23 Mei 2022, 16:06:59 WIB

JawaPos.com- Vaksinasi untuk anak di Kota Surabaua kian dimasifkan. Lokasinya tidak hanya di puskesmas atau sekolah, tapi juga di pusat perbelanjaan. Upaya tersebut dilakukan untuk percepatan. Termasuk memberi rasa aman saat pembelajaran tatap muka (PTM) berlangsung.

Arsenio Abimanyu menjerit meski sebentar. Bocah 6 tahun itu menangis karena takut melihat jarum suntik. Anindyo, orang tua Arsenio, menuturkan bahwa vaksinasi dosis pertama sengaja memilih di mal. ”Kalau di sini (mal, Red) lebih nyaman, sekalian jalan-jalan,’’ terangnya.

Menurut Anindyo, vaksinasi itu merupakan upaya pencegahan dan kewaspadaan. Terlebih PTM 100 persen sudah dijalankan. Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) dr Hendra Widjajanto mengatakan, baru kali pertama vaksinasi anak dilakukan di mal. ”Ini baru terlaksana karena kemarin masih libur sekolah,’’ ucapnya kemarin sore.

Hendra menuturkan, percepatan vaksinasi anak adalah instruksi dari panglima TNI dan KSAL. Termasuk vaksinasi booster bagi orang dewasa. Animo warga untuk memvaksinkan anaknya cukup tinggi. Dari total kuota seribu dosis vaksin sehari, setidaknya 10 persen digunakan untuk vaksin anak.

Hendra menambahkan, vaksinasi untuk anak tidak hanya digelar kemarin. Tapi, juga akan dimasifkan.”Dari orang tua yang datang, vaksinasi di mal membuat anak-anak bisa dibujuk untuk vaksin,’’ ucapnya.

Vaksinasi yang digelar di Grand City itu juga bekerja sama dengan Persos Hwa Ind. Animo masyarakat akan vaksin booster hingga kemarin masih tinggi. Kuota awal yang hanya 500 dosis per hari terpaksa ditambah menjadi 1.500 sehari. ”Masih sangat tinggi antusiasme warga untuk booster,’’ kata Ketua Umum Persos Hwa Ind Merry Tanhart.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c6/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads