alexametrics

Maspion Hibahkan Lahan untuk Proyek Frontage Road Sidoarjo

23 April 2022, 09:00:41 WIB

JawaPos.com- Rencananya, lanjutan pembangunan frontage road (FR) di Sidoarjo tahun ini sepanjang 3,1 kilometer. Terbagi menjadi segmen Gedangan–Lingkar Timur sepanjang 2,6 kilometer dan segmen Deltasari–Aloha sepanjang 500 meter. Sampai saat ini proses pembebasan lahan untuk pembangunan tersebut masih dilakukan.

Kemarin (22/4) enam perusahaan yang lahannya terimbas pembangunan FR menghibahkan lahannya ke Pemkab Sidoarjo. Berita acara serah terima (BAST) ditandatangani langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan para pemimpin perusahaan di Pendapa Delta Wibawa.

Plt Kepala Dinas PUBMSDA Sidoarjo Dwi Eko Saptono menyebut dengan proses hibah itu, yang belum dibebaskan tinggal 7 bidang lahan untuk segmen Aloha–Lingkar timur dan 5 bidang lahan di segmen Aloha–Deltasari. Sisa lahan yang belum dibebaskan tersebut sudah diukur peta bidangnya oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo. Saat ini peta bidang itu menunggu diumumkan kepada pemilik lahan. ”Setelah itu, proses appraisal,’’ kata Dwi.

Targetnya, akhir Mei sudah tuntas semua pengadaan lahannya seiring dengan pengumuman pemenang lelang pelaksana proyek FR. ”Akhir Mei, targetnya pelaksana proyek FR sudah ada seiring dengan pengadaan lahan yang juga sudah tuntas,’’ katanya. Dengan demikian, awal Juni pembangunan FR mulai berjalan.

Kepala Kantor Pertanahan/BPN Sidoarjo Yannis Harryzon Dethan menambahkan, saat ini peta bidang sudah tuntas untuk 12 bidang lahan yang belum dibebaskan itu. ”Peta bidang sudah keluar, nanti tim appraisal bekerja sesuai peta bidang itu,’’ katanya. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengumumkan kepada pihak yang lahannya masuk dalam peta bidang. Pengumuman dilakukan selama 14 hari. Pengumuman tersebut diperlukan untuk memastikan pemilik lahan itu sudah benar atau tidak.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyebut pada 2022 ini titik kemacetan Waru– Gedangan bakal terurai dengan FR. ’’Harapan kami mulai Deltasari, SMA Hang Tuah 2 terus ke selatan sampai Lingkar Timur tuntas tahun ini sehingga kemacetan terurai,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini: