alexametrics

Rutan Medaeng Tutup Kunjungan Mulai Hari Ini, Diganti Pakai Video Call

23 Maret 2020, 12:40:40 WIB

JawaPos.com – Rutan Kelas I-A Surabaya mengganti kebijakan kunjungan. Mulai hari ini (23/3), rutan tidak menerima kunjungan secara langsung. Meski begitu, pembesuk masih bisa berkomunikasi dengan kerabat dan keluarganya yang menjalani hukuman di dalam penjara melalui video call.

Kebijakan itu dibuat setelah adanya surat edaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) dalam penanggulangan Covid-19. ’’Kami lakukan ini sebagai upaya pencegahan. Jika ini kembali normal, kami akan lakukan seperti biasanya,’’ ujar Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I-A Surabaya Ahmad Nuri Dhuka kemarin (22/3).

Dia menjelaskan, pelayanan itu berubah mengingat maraknya persebaran virus. Pekan lalu, terang Dhuka, warga binaan boleh dibesuk satu pengunjung saja. Jika ada anak kecil yang dibawa, anak juga masih diperbolehkan masuk. Namun, aturan tersebut hanya berlangsung selama empat hari. Setelah itu, rutan menyiapkan cara lain. Yaitu, menggunakan aplikasi video call. ’’Mulai besok (hari ini, Red), kami terapkan,’’ tuturnya.

Nah, untuk memfasilitasinya, rutan telah menyediakan lima komputer. Di setiap komputer, telah terpasang kamera. Jadi, para tahanan bisa menghubungi keluarga melalui aplikasi WhatsApp dengan nomor yang telah disediakan rutan. Setiap tahanan, kata Dhuka, hanya diberi waktu lima sampai sepuluh menit untuk berbicara dengan keluarga. Makanan yang dibawa keluarga ke rutan masih diperbolehkan masuk asalkan harus sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ada. ’’Kami berikan ruang itu. Namun, untuk orang, memang kami tutup. Tidak diperbolehkan masuk,’’ tegasnya.

Menurut Dhuka, cara itu bakal dievaluasi setiap hari untuk menilai seberapa efektif cara tersebut. Meski begitu, sudah ada beberapa kendala yang telah diprediksi. Salah satunya adalah jumlah komputer dan jaringan. ’’Kalau jaringan, mungkin kami akan tambah akses untuk penggunaan data. Untuk pengawasan, setiap video call bakal diawasi sipir,’’ jelas dia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : den/c14/eko

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads