alexametrics

Bareng Eri Cahyadi-Armuji, PDIP Surabaya Tanam Pohon di Bantaran Kali

Sekaligus Doakan Megawati di Ultah Ke-75
23 Januari 2022, 17:44:19 WIB

JawaPos.com- Sepanjang bantaran sungai di kawasan Gunungsari Indah, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya, Minggu (23/1) pagi dipenuhi warga berpakaian merah. Mereka adalah para kader dan pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Tampak pula Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Armuji, dan Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono, yang juga Ketua DPRD Surabaya. Mereka berkumpul di bantaran sungai tersebut untuk menanam pohon.

‘’Program ini digelar dalam rangkaian ulang tahun ke-49 PDI Perjuangan, yang jatuh pada10 Januari 2022. Penanaman pohon hari ini juga berbarengan dengan hari ulang tahun ke-75 Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri pada hari ini,’’ kata Adi Sutarwijono.

Menurut Adi, setidaknya ada sebanyak 150 pohon mahoni yang ditanam di bantaran sungai. Aksi tersebut akan menjadi gerakan berkelanjutan. Sebelumnya, pihaknya juga sudah intensif menggelar penanaman pohon di sejumlah tempat. ‘’Ini adalah wujud nyata perintah Ibu Megawati, bahwa seluruh kader harus konsisten merawat Ibu Pertiwi, termasuk dengan terus menanam pohon,” ujarnya.

Pohon mahoni dipilih lantaran dikenal memiliki banyak manfaat dalam menjaga kualitas lingkungan. Pohon itu bisa mengurangi polusi udara sekitar 47-69 persen sekaligus memperkuat daerah tangkapan air. Daun-daun mahoni bertugas menyerap polutan udara, kemudian juga melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar.

‘’Saat hujan tiba, tanah dan akar mahoni akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air,’’ paparnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads