alexametrics

Jatim Siapkan Sejumlah Skema untuk Antisipasi Covid-19 Varian Omicron

22 Desember 2021, 22:49:37 WIB

JawaPos.com – Ketua Satgas Kuratif Covid-19 Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi menyatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi masuknya Varian Omicron ke wilayah setempat.

“Jadi sudah berkali-kali ibu gubernur sampaikan bahwa meski kasus Covid-19 menurun, namun tetap harus waspada, terutama masuknya Varian Omicron,” ujarnya saat ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya, Rabu (22/12).

Ia menegaskan bahwa Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkipimda) Jatim juga telah mengadakan rapat di mapolda, setempat beberapa waktu lalu, untuk membahas ancaman dari Varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

“Di rapat tersebut dibahas bagaimana mengarantina orang dari luar negeri, dilakukan surveilans yang baik, sehingga tidak lagi pengalaman seperti Varian Delta lalu terulang,” katanya.

Mewaspadai varian baru Covid-19 tersebut, kata dia, tidak bisa hanya pemerintah, tapi juga harus diikuti peran masyarakat. Pemprov Jatim, kata dia, terus menggalakkan vaksinasi Covid-19 dengan memantau ketersediaan vaksin setiap hari.

Joni menegaskan RSUD dr Soetomo Surabaya telah siap jika ada lonjakan kasus Covid-19 yang disebabkan Varian Omicron, termasuk menyiapkan 350 tempat tidur untuk pasien. “Dari 745 kapasitas tempat tidur, 350 tempat tidur dikosongkan untuk pasien Covid-19. Yang lain untuk pasien TBC dan Difteri,” tutur Direktur Utama RSUD dr Soetomo tersebut.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads