alexametrics

Jokowi Tunjuk Risma Jadi Menteri Sosial

22 Desember 2020, 16:46:58 WIB

JawaPos.com–Presiden Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini untuk mengisi kursi Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju. Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12).

Sebelumnya, Tri Rismaharini merupakan Wali Kota Surabaya sejak 2010. Dia menjabat posisi tersebut selama dua periode. Risma menggantikan Juliari Batubara yang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus korupsi bantuan sosial Covid-19. Juliari dan Risma merupakan sesama kader PDIP.

”Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah wali Kota Surabaya ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” ujar Jokowi dalam konferensi persnya.

Saat ini, Risma masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Masa jabatannya akan berakhir pada Februari 2021. Sebelum diumumkan, Risma mengaku tidak meminta jabatan. Dia akan menunggu penawaran, baik dari Jokowi maupun dari Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

”Aku nggak mau minta jabatan. Jadi menteri itu susah. Apalagi jadi menteri sosial. Itu tempat bergantungnya semua masyarakat Indonesia,” ujar Risma ketika ditemui di kediamannya pada Rabu (6/12).

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu mengaku hanya akan menunggu perintah Megawati maupun Jokowi. Sebab, dia memiliki prinsip tidak akan meminta jabatan.

”Kalau nanti di tengah jalan susah, aku akan menyesal kalau pernah meminta,” ujar Risma kala itu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads