alexametrics

Jalan Tunjungan Kembali Dihidupkan dengan Tema Tunjungan Romansa

22 November 2021, 07:59:58 WIB

JawaPos.com–Rencana Pemerintah Kota Surabaya kembali hidupkan Jalan Raya Tunjungan menjadi jujukan warga akhirnya diwujudukan pada Minggu (21/11) malam.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Jalan Raya Tunjungan sebagai kawasan wisata. Eri menyebut, tema utama dalam konsep wisata di Jalan Raya Tunjungan adalah Tunjungan Romansa.

Dengan konsep itu, Pemerintah Kota Surabaya menyediakan banyak alternatif wisata di sepanjang Jalan Raya Tunjungan.

”Warga bisa menikmati berbagai sajian kuliner dari UMKM (Usaha Mirko Kecil dan Menengah) di Surabaya. Kemudian tiap malam juga akan ada pertunjukan seni budaya. Pokoknya di sini akan hidup,” ujar Eri pada Minggu (21/11) malam.

Dengan kembali menghidupkan kawasan itu, Eri berharap slogan Mlaku-mlaku Tunjungan diingat lagi oleh masyarakat. Kini, dia memberikan slogan baru. ”Durung nang Suroboyo nek durung nang Tunjungan (belum ke Surabaya kalau belum ke Tunjungan),” tutur Eri.

Pemilihan tema Tunjungan Romansa, disebut Eri tidak asal mencomot istilah. Jalan Tunjungan disebut memiliki banyak sejarah dan dikenal dengan kisah-kisah romansa.

Mbiyen lak nemu jodho neng kene (dulu kan menemukan jodoh di sini). Kalau nggak gitu, dulu ngapel (kencan) ya di Jalan Tunjungan ini. Makanya kami pilih tema Tunjungan Romansa,” papar Eri.

Eri memastikan tidak akan menutup akses transportasi di Jalan Raya Tunjungan. ”Masih dibuka,” imbuh dia.

Ke depannya, sejak malam ini (21/11), sepanjang Jalan Raya Tunjungan akan diisi penampilan seni dari berbagai kelompok. Kemudian juga ditambah dengan pembukaan stan UMKM.

”Harapannya supaya perekonomian kembali bergerak walaupun pada masa pandemi. Ini masih Covid-19. Jadi Jalan Tuinjungan dibuka dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Tolong dijaga bareng-bareng,” ucap Eri.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads